Selasa, 27 Nov 2018 09:49 WIB

Motor Cc Kecil Larinya Tidak Kencang, Masih Perlu Rem ABS?

Luthfi Anshori - detikOto
Rem ABS pada motor. Foto: Dadan Kuswaraharja
Manggarai - ABS (Anti-lock Braking System) merupakan teknologi yang berfungsi mencegah roda mengunci saat pengendara motor melakukan hard braking. Di Indonesia, fitur ini tergolong awam dan biasanya hanya ada di motor 250 cc ke atas.

Tapi belakangan ini pabrikan motor di Indonesia sudah mulai mengaplikasikan ABS pada motor di bawah kapasitas 250 cc. Misal seperti Yamaha NMAX, Honda PCX, atau Suzuki GSX-R150 terbaru.


Dan yang cukup mengejutkan, ada salah satu produk skutik bermesin 125 cc yang sudah dipasangkan rem ABS. Motor ini adalah skuter Yamaha FreeGo tipe S yang diluncurkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing di IMOS 2018 Oktober lalu.

Melihat Yamaha sudah mulai mengaplikasi fitur ABS, apakah Honda tidak tertarik memasang fitur serupa di model skutik entry level-nya?

"Sepertinya harus dilihat dulu, kenapa harus pakai ABS dan kenapa tidak harus pakai ABS. Sebetulnya untuk motor cc kecil atau penggunaan motor yang tidak kencang sekali, saya rasa belum (butuh) pakai ABS," ujar General Product Management and Support Astra Honda Motor Ferry Firman kepada detikOto di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (25/11/2018).


Meski belum melihat ABS sebagai kebutuhan di motor skutik bermesin 125 cc, AHM tidak menutup kemungkinan akan memasang teknologi tersebut.

"Tapi kalau itu jadi salah satu keinginan dari konsumen, kami pasti penuhi. Tapi risikonya harga naik," pungkas Ferry. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com