Kamis, 22 Nov 2018 10:01 WIB

DP Murah Belum Tentu Banyak yang Beli Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Diler motor. Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance Diler motor. Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta - Sudah menjadi pengetahuan umum jika konsumen motor di Indonesia sudah bisa memboyong motor baru dari diler dengan beberapa lembar uang ratusan ribu rupiah saja. Ini tidak lepas dari peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menetapkan besaran uang muka kredit kendaraan mulai 5 persen sampai 25 persen dari harga jual motor.

Merasa itu belum cukup, OJK bahkan pernah mewacanakan untuk mengizinkan DP (Down Payment) 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor. Syaratnya, tingkat non performing finance (NPF) perusahaan harus di bawah atau sama dengan 1 persen. Dan keuangan perusahaan masuk kategori sehat.



Lantas, seberapa besar pengaruh besaran DP terhadap daya beli konsumen motor? Apakah semakin kecil DP, semakin banyak pula orang yang membeli motor secara kredit?

"Tidak bisa serta merta begitu DP murah akan langsung angkat penjualan motor ya," bilang Direktur Keuangan Astra Honda Motor Erik Sadikin, di FX Sudirman, Jakarta Pusat.

Alih-alih mengangkat penjualan motor, DP kendaraan murah atau 0 persen justru bisa membuat lembaga pembiayaan goyah, terutama jika banyak terjadi kasus kredit macet.

"Kalau DP turun, tentunya kita harus menjaga portofolio dari perusahaan pembiayaan bagaimana caranya supaya tetap sehat," pungkas Erik.



Dari sisi konsumen sendiri, DP 0 persen juga bisa menimbulkan kerugian. Sebab itu bakal berdampak pada setoran bulanan yang semakin besar. Akhirnya akan membebani konsumen.

"DP 0 persen untuk kendaraan bermotor bakal rugikan konsumen, bayarannya lebih mahal," ungkap Deputi Direktur Corporate Secretary BCA Finance Bambang Prasetyanto, beberapa waktu lalu.

"Kalau misalnya ambil rumah, kan nggak ada depresiasi malah harganya naik. Sedangkan kendaraan, harganya 10 tahun lagi pasti turun," tambah Bambang.




Tonton juga 'Mobil dan Motor Kini Punya Fitur Keamanan yang Canggih, Apa Saja?':

[Gambas:Video 20detik]


DP Murah Belum Tentu Banyak yang Beli Motor
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed