Rabu, 21 Nov 2018 17:56 WIB

Kata Yamaha Soal Recall 3 Motor Besutannya

Ridwan Arifin - detikOto
Yamaha MT-25 Foto: Dadan Kuswaraharja Yamaha MT-25 Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Yamaha mengabarkan akan melakukan pergantian komponen (recall) untuk motor sport R25, MT-25, dan Skutik 3 roda Tricity. Pabrikan berlambang garpu tala ini menilai Recall merupakan tanggung jawab bagi produsen kendaraan.

Seperti yang disampaikan Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro saat dihubungi detikOto, Rabu (21/11/2018).



Anton menyebut apabila konsumen tidak melakukan recall akan menyebabkan kinerja motor tidak maksimal. Sehingga pabrikan otomotif bertanggung jawab terhadap produknya.

"Sebenarnya tidak semua motor mengeluhkan kendala tersebut," ungkap Antonius.

"Sebagai wujud tanggung jawab Yamaha untuk tetap menjaga kualitas produk, kami melakukan penggantian part yang bermasalah secara gratis," ujar Antonius.

Untuk Tricity, motor harus diganti komponen Hose Recovery Tank (berkenaan dengan fungsi pendinginan) secara gratis di Flag Ship Shop Yamaha, Sentral Yamaha dan Dealer Penjual Yamaha Tricity seluruh Indonesia.

Sementara untuk R25 dan MT-25, Yamaha akan mengganti komponen Spring Torsion (berkenaan dengan kinerja mesin) dan Hose Radiator (berkenaan dengan fungsi pendinginan).

Untuk R25 yang di-recall merupakan model yang diproduksi pada Juli 2014 sampai November 2017. Sedangkan MT-25 model yang ditarik adalah model buatan Mei 2015 - Des 2017.

Penggantian komponen R25 dan MT-25 akan dilakukan mulai akhir November atau tepatnya 28 November 2018.

Memang di Indonesia sendiri sudah memiliki payung hukum soal aturan recall di Indonesia. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan No.33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed