Jumat, 16 Nov 2018 17:06 WIB

Motor Listrik Pertama yang Punya Sespan

Ridwan Arifin - detikOto
Motor listrik Ural Foto: Pool (electrive) Motor listrik Ural Foto: Pool (electrive)
Jakarta - Produsen motor besar asal Rusia Ural Motorcycles unjuk gigi di EICMA 2018. Paling khas dari motor besar ini, menawarkan desain klasik yang dibalut dengan sespan.

Saat di EICMA 2018, ural memboyong motor listrik dan tentunya dengan gaya khas menggunakan sespan. Memang motor tersebut saat ini hanyalah prototipe, renacananya akan ditampilkan lagi pada Pameran Sepeda Motor Progresif di Long Beach, Amerika Serikat pada 16-18 November 2018.



Ural tidak sendiri dalam membuatnya, sepeda motor ini dirancang oleh perusahaan yang berbasis di California, ICG, menggunakan chassis URU satu roda penggerak cT dan power train yang bersumber dari Zero Motorcycles, termasuk motor, baterai, dan pengontrol.

Motor listrik UralMotor listrik Ural Foto: Pool (electrive)


"Kami selalu tahu bahwa sespan kami adalah platform yang sempurna untuk membangun sepeda motor listrik karena dapat menawarkan apa yang bisa dilakukan oleh sepeda motor roda dua; kenyamanan, stabilitas, dan keamanan penumpang, belum lagi lebih banyak ruang untuk barterai," kata Ural dalam keterangan resminya.



Ural nampaknya serius untuk mengubah prototipe ini menjadi produksi massal motor, memang ural sudah unggul dari stabilitas ekstra dengan tambahan sespan, serta Ural juga memanfaatkan ruang ekstra untuk membawa lebih banyak baterai. Pihaknya mengatakan akan memakan waktu sekitar dua tahun.

"Kami memperkirakan akan memakan waktu sekitar 24 bulan untuk meningkatkan produksi seri pada persetujuan desain akhir, desain sepeda produksi akan menggabungkan teknologi baterai dan opsi pengisian baterai terbaru," pernyataan Ural seperti yang dikutip dari electrek.

Motor listrik UralMotor listrik Ural Foto: Pool (electrive)


Bila dilihat dari kemampuannya, Motor penggerak Zero Z-Force menghasilkan torsi 45 kW dan 110 Nm (81 ft-lbs), dengan menggunakan baterai ZF 13.0 dan ZF6.5 dengan yang mampu mengeluarkan tenaga listrik 19,5 kWh, mampu menumpahkan top speed hungga 140 km/jam (88 nmph).

Dan dengan kapasitas baterai tersebut sepeda motor sespan listrik ini di atas kertas mampu berjalan hingga 165 km (103 mil). (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed