Selasa, 13 Nov 2018 20:59 WIB

Di RI Tembus Rp 76 Juta, Berapa Harga Honda Forza di Thailand?

Dina Rayanti - detikOto
Honda Forza. Foto: Agung Pambudhy Honda Forza. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Honda pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 baru saja merilis skuter matik bongsor terbarunya Forza. Skutik Forza diboyong langsung oleh Honda dari Thailand baru kemudian dijual di Indonesia.

Masih mengimpor dari Thailand menjadi salah satu faktor harga jual Forza menjadi tinggi. Di Indonesia, Forza dijual dengan harga RP 76,5 juta. Honda Forza di Indonesia mengusung mesin berkapasitas 250 cc.


Perlu dicatat Honda Forza yang ditawarkan di Thailand dan Indonesia berbeda. Forza di Thailand dibekali mesin berkapasitas 300 cc. Melansir dari situs Honda Thailand, Forza dibanderol dengan harga 169.000 baht. Kalau dirupiahkan dengan nilai tukar Rp 449,71/baht, harga Forza di negeri Gajah Putih itu mencapai Rp 76 juta.

Harga Forza juga berselisih cukup jauh dengan kompetitornya Xmax. Sama-sama mengusung mesin 250 cc, Yamaha menjual Xmax seharga Rp 57,8 juta.

Melokalisasi produksi motor bisa menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh Honda untuk bisa memangkas harga motornya. Seperti misalnya saat Honda membawa PCX dari Vietnam harganya tembus Rp 40 juta.

Namun saat PCX diproduksi di Indonesia harganya langsung turun drastis menjadi Rp 27-30 jutaan. Tetapi tampaknya soal Forza, Honda belum berminat memproduksinya secara lokal.


Tak seperti PCX, menurut Honda motor sekelas Forza diminati kalangan tertentu saja.

"Yang disebut meledak angkanya berapa? Kalau ribuan sebulan saya lokalisasi. Kalau yang 250 cc nggak, kalau hitungan masuk kita akan lokalisasi," ujar Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor Johannes Loman usai peluncuran Forza. (dry/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed