Kamis, 08 Nov 2018 13:47 WIB

Orang RI Pilih Helm Bukan karena Desainnya

Luthfi Anshori - detikOto
Helm. Foto: Ridwan Arifin/detikOto Helm. Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta - Helm merupakan kebutuhan dasar bagi bikers untuk safety di jalan raya. Tak heran jika model dan varian helm terus berkembang dari masa ke masa.

Saat ini banyak jenis helm yang bisa dipilih konsumen. Mulai jenis retro, modern full face, helm cross, hingga helm yang bercorak replika ala helm pembalap MotoGP.


Lalu apakah yang jadi pertimbangan seseorang memilih helm. Apakah mengutamakan fitur keamanan atau sekadar melihat desainnya saja?

Menurut sales PT Tarakusuma Indah, distributor Suomy di Indonesia, Shegy, kebanyakan orang memilih helm berdasarkan fitur keamanannya. Dalam hal ini yang dimaksud adalah sistem pengunci helm.

"Kalau untuk orang Indonesia kebanyakan, pasti pilih helm yang mudah digunakan. Misal pakai helm bersistem pengunci microlock. Itu kan tinggal dimasukkan aja. Sementara kalau helm berpengunci double d ring agak ribet dipakai harian, karena sistem penguncinya seperti sabuk. Jadi merepotkan dipakai harian," ujar Shegy saat ditemu beberapa waktu lalu.


Selain dari sistem pengunci helm, pertimbangan orang memilih jenis helm berdasarkan kebutuhan.

Kalau untuk harian dan sering dipakai menembus kemacetan, biasanya banyak bikers yang lebih suka pakai helm jenis open face. Sedangkan untuk perjalanan jarak jauh, helm jenis full face jadi pilihan untuk faktor keamanan lebih.



Tonton juga 'Helm Anti Ngantuk hingga Teknologi Smart City Dipamerkan di Indocomtech':

[Gambas:Video 20detik]



Orang RI Pilih Helm Bukan karena Desainnya
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed