Rabu, 07 Nov 2018 17:47 WIB

Jokowi Kaget, Ngecas Motor Listrik Gesits Cuma Butuh 3 Jam!

Andhika Prasetia - detikOto
Jokowi saat menjajal motor Gesits (Foto: Andhika Prasetia) Jokowi saat menjajal motor Gesits (Foto: Andhika Prasetia)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Salah satu hal yang menjadi kendala dalam pengembangan kendaraan listrik adalah waktu pengecasannya. Terutama di Indonesia. Meskipun sudah tersedia beberapa titik tempat pengecasan, namun soal waktu pengisian baterai masih terbilang lama.

Biasanya mereka yang berminat meminang kendaraan listrik, disarankan untuk mengecas kendaraannya semalaman di rumah.


Tetapi tidak dengan motor listrik Gesits. Motor bisa dicharge dalam waktu 3 jam saja. Waktu pengecasan lebih singkat dari kendaraan listrik lain di Indonesia pun membuat presiden Joko Widodo terkejut.

"Ini chargingnya 3 jam. Saya kemarin lihat di pameran 8 jam ini bisa 3 jam saya kaget. Ini bisa buat 70 km," ungkap Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Tidak hanya dicas. Baterai motor listrik Gesits juga bisa diganti agar pengendara tak membutuhkan waktu berjam-jam menunggu baterai penuh terisi.


"Jadi ini swap, jadi (baterai) mau habis, pergi ke SPBU langsung ada swap station, ada bayar pakai HP yang di dalam itu, di situ ada bayarannya. Nanti ada aplikasinya. Bayar pakai ini, nggak pakai cash. Masuk (ke SPBU), bayar, kasih (baterai) yang lama (yang sudah kosong), ambil yang baru (yang sudah terisi penuh), jalan. Jadi nggak ada cerita nunggu tiga jam, lima jam, udah nggak ada lagi. Langsung diganti saja," kata Direktur PT Gesits Technologies Indo Zaki Nahdi Saleh.

Jokowi sendiri cukup tertarik dengan motor listrik Gesits. Ia menyebut bakal membeli 100 unit motor listrik garapan anak-anak ITS dan Garansindo itu.

"Ini kalau sudah diproduksi saya pembeli pertama. Saya akan beli 100," ucap Jokowi.



Jokowi Kaget, Ngecas Motor Listrik Gesits Cuma Butuh 3 Jam!
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed