Selasa, 06 Nov 2018 09:59 WIB

Berapa Biaya Modifikasi Motor Kawasaki W175 Jokowi?

Luthfi Anshori - detikOto
Motor modifikasi Jokowi. Foto: Ray Jordan Motor modifikasi Jokowi. Foto: Ray Jordan
Jakarta - Berbeda dengan motor modifikasi pertama yang berbasis mesin Royal Enfield Bullet 350, motor modifikasi kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil basis dari motor retro entry level, Kawasaki W175. Motor ini dibeli Jokowi saat ia menghadiri acara otomotif Tumplek Blek, Juli 2018 lalu.

Melihat data di situs kawasaki-motor.co.id, W175 dibanderol dengan harga Rp 29,8 juta dan Rp 31,1 juta OTR Jadetabekser (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang).


Dalam kondisi standar, W175 dibekali mesin berkapasitas 177cc satu silinder, karburator, dengan output torsi 13,2 Nm pada 6.000 rpm dan power maksimum 9,6 kW pada 7.500 rpm.

Jika pada motor modifikasi pertamanya Jokowi membeli secara utuh dari bengkel Elders Garage dan KickAss Choppers, seharga kurang lebih Rp 140 juta. Maka untuk Kawasaki W175, ia serahkan pengerjaannya ke bengkel custom Katros Garage, Bintaro,Tangerang Selatan.

Lalu berapa kira-kira biaya yang mesti dikeluarkan Jokowi untuk memodifikasi Kawasaki W175-nya menjadi bergaya Bobber-Chopper?

Sayang, ketika ditanya detikOto, sang builder Katros Garage Andi Akbar, tidak bersedia menjawab detailnya.



"Kalau (biaya modifikasi) ini, dari pihak Istana minta nggak dibuka mas," tutur pria yang akrab disapa Atenx, kepada detikOto, beberapa waktu lalu.

Kalau dilihat, ubahan yang dilakukan di W175 ini cukup banyak. Mulai dari memodifikasi area rangka, suspensi depan, pelek, ban, termasuk mengganti cover body, dan kelengkapan legalitas berkendara seperti lampu utama, lampu rem, dan lampu sein.

Ubahan lain ada di bagian tangki, sepatbor depan belakang, jok, spion, hingga knalpot. Sementara dari segi dapur pacu, masih mengandalkan spesifikasi mesin standar.

Sedangkan pada motor pertamanya tertulis dalam daftar Laporan Kekayaaan Harta Penyelenggara Negara (LHKPN) motor bergaya chopper berwarna emas itu dibeli dengan harga Rp 140 juta.




Tonton juga 'Minggu Pagi Jokowi, Motoran ke Pasar':

[Gambas:Video 20detik]

(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed