Senin, 05 Nov 2018 14:21 WIB

Alasan Honda Tidak Menjual CB150R ExMotion di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Honda CB 150R ExMotion. Foto: Honda Thailand
Jakarta - Di pasar Thailand, Honda memiliki satu model motor berjenis retro modern berkapasitas 150 cc. Motor bernama CB150R ExMotion ini memiliki desain dan fitur-fitur yang keren, sehingga banyak pencinta otomotif di Indonesia yang berharap PT Astra Honda Motor (AHM) juga menjualnya di Indonesia.

Namun hingga saat ini, AHM sama sekali belum tertarik menjual motor naked bike ini di Indonesia. Banyak faktor yang menjadi bahan pertimbangan.

"CB150R Exmotion mungkin secara desain menarik. Tapi kalau kami (AHM) lihat dari segi riding position dan segala macamnya, beberapa kali kami melakukan riset, itu kok kayaknya belum cocok sama pengguna (motor) di Indonesia," ujar Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya.



Menurut Thomas, desain CB150R ExMotion membuat posisi berkendara penggunanya terlalu tegak dan setangnya terlalu lebar. "Kalau kami lihat di Indonesia kurang cocok, karena motor digunakan untuk kendaraan harian dan sering menembus kemacetan, sehingga sering untuk selap-selip di antara kendaraan. Berbeda dengan kondisi di Thailand," terang pria berkaca mata ini.

Sebenarnya mudah saja bagi AHM jika ingin memasarkan CB150R ExMotion di Indonesia. Pasalnya CB150R ExMotion yang dijual di Thailand merupakan produk yang diekspor AHM.

"Iya, jadi CB150R ExMotion itu CKD (Completely Knock Down) dari AHM. Basisnya dari CB150R Streetfire," pungkas Thomas.



Bicara spesifikasi, Honda CB150R ExMotion mengusung mesin 150cc DOHC satu silinder berpendingin cairan. Daya tarik motor ini terdapat di desainnya yang memadukan konsep retro dan modern sekaligus.

Konsep retro didapatkan dari desain lampu bulat dan model jok yang pendek ciri khas motor Scrambler. Sementara nilai-nilai modernitas tersaji lewat pengaplikasian lampu-lampu full LED, suspensi Upside Down (USD), dan panel instrumen full digital.

Selain itu, CB150R ExMotion juga sudah mendapatkan sistem pengereman cakram dengan kaliper radial 4 piston yang menjepit piringan 296 mm. Ada juga opsi fitur ABS (Anti-lock Bracking System) yang bisa mencegah roda mengunci.

Di Thailand, CB150R ExMotion dibanderol dengan harga mulai THB 99.800 atau setara Rp 45,8 juta. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com