Selasa, 16 Okt 2018 15:47 WIB

Gelar Kontes Keterampilan, Honda Saring Siswa SMK Berbakat

Luthfi Anshori - detikOto
Kontes Mekanik AHM Foto: Luthfi Anshori/detikOto Kontes Mekanik AHM Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Bekasi - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menyelenggarakan Kontes Keterampilan Teknik SMK Honda Tingkat Nasional 2018. Acara ini merupakan ajang ke-9, sejak kontes ini digelar setiap tahunnya mulai 2010 lalu.



"Kegiatan ini digelar berkat kerja sama dengan main dealer Honda di seluruh Indonesia dan SMK binaan Honda. Tujuan acara ini untuk memadukan dunia pendidikan dengan dunia usaha. Bagi AHM ini tidak hanya kegiatan CSR, tapi juga komitmen AHM terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Bisnis kami langgeng kalau kami berkembang bersama masyarakat Indonesia," ujar Direktur HR, GA, & IT AHM Markus Budiman, di Plant III AHM, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018).

Gelar Kontes Keterampilan, Honda Saring Siswa SMK BerbakatFoto: Luthfi Anshori/detikOto


Kompetisi ini sendiri mengusung tema 'Satu Hati Berprestasi untuk Bangsa'. Berdasarkan proses seleksi yang ketat, mulai dari tingkat sekolah, tingkat regional melalui main dealer, hingga akhirnya bertarung di tingkat nasional.



Proses seleksi dilaksanakan sejak 16-17 Oktober di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Jumlah peserta di tahap final ini mencapai 40 siswa SMK, dari Aceh sampai Papua.

Gelar Kontes Keterampilan, Honda Saring Siswa SMK BerbakatFoto: Luthfi Anshori/detikOto


General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbudin mengatakan, kontes ini dilakukan melalui beberapa tahapan tes, seperti tes teori, praktik meja, sampai pemecahan masalah sepeda motor.

Tes praktik terdiri dari merakit sokbreker depan, menjelaskan fungsi dan mengatasi permasalahan key PCX 150, pasang rantai keteng, merakit diagram kelistrikan, bongkar pasang CVT, dengan waktu 10 menit setiap sesinya.



"Penilaiannya cukup ketat, mulai SOP, analisa masalah, penggunaan alat, special tools, kecepatan, kebersihan, dan kerapian," ujar M. Syarif, salah satu Ketua Juri Kontes Keterampilan Teknik SMK Honda Tingkat Nasional 2018.

Sebagai apresiasi, juara pertama kontes keterampilan ini akan mendapatkan beasiswa Rp 8 juta, pemenang kedua Rp 5 juta, dan pemenang ketiga Rp 3 juta. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed