Senin, 15 Okt 2018 17:32 WIB

Dolar Meroket, Penjualan Motor Justru Bagus

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikOto Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikOto
Jakarta - Di kuartal keempat tahun 2018, nilai tukar rupiah terhadap dolar terus melemah. Bahkan sempat menyentuh kurs Rp 15.300 per dolar AS. Efeknya, beberapa Agen Pemegang Merek (APM) motor pun mau tidak mau harus melakukan penyesuaian harga.

Lalu adakah dampaknya terhadap penjualan motor secara nasional? Ditegaskan Ketua Umum AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia), penjualan sepeda motor hingga Oktober 2018 justru menunjukkan tanda-tanda baik.



"Sampai Oktober 2018 4,7 juta unit motor sudah terdistribusi. Target penjualan sampai akhir tahun ini adalah 6,3 juta unit. Naik dari penjualan di tahun 2017, yang 5,9 juta unit," ucap Loman, di sela-sela acara Press Conference IMOS 2018, di Cilandak, Jakarta Selatan (15/10/2018).

Menurut Loman, stabilnya penjualan motor di tengah nilai tukar rupiah yang terus melemah terbantu dengan konsumen motor di luar Pulau Jawa.

"Di sana (luar Pulau Jawa) daya beli masyarakat cukup baik karena perekonomiannya juga sedang bagus. Komoditas CPO (Crude Palm Oil) produksinya juga sedang banyak. Terus yang kedua, di sana panennya cukup berhasil ya," terang Loman.



"Memang di kuartal keempat ini ada sedikit kekhawatiran karena curah hujan itu agak kurang. Dikhawatirkan, tanam dan panen akhir tahun akan gagal. Tapi harapan kita semoga musim hujan segera datang dan penjualan akan lebih baik lagi," pungkas Loman.

Salah satu usaha lain yang digagas AISI untuk membangkitkan iklim penjualan motor nasional di akhir tahun, adalah melalui penyelenggaraan IMOS 2018. Acara ini akan digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, mulai 31 Oktober hingga 4 November 2018.

Diikuti lebih dari 60 partisipan, IMOS 2018 akan jadi ajang pamer teknologi motor terkini dan tentunya launching produk motor-motor terbaru yang sudah ditunggu-tunggu konsumen Indonesia. (Luthfi Anshori/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed