Kamis, 11 Okt 2018 11:59 WIB

Isi Premium dan Pertamax, Iritan Mana Guys?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Harga Pertamax sudah dinaikkan oleh Pertamina. Bisa saja hal ini akan memicu pengendara untuk menggunakan BBM yang lebih murah, entah itu Pertalite atau Premium yang harganya belum berubah.

Tapi patut diingat, performa kendaraan akan menurun cukup drastis, entah itu dari sisi konsumsi BBM atau tenaga dan torsi yang dikeluarkan kendaraan. Ini bukan sembarangan ngomong, detikOto punya datanya lho.

Dari konsumsi BBM, pertama saat menggunakan motor. detikOto pernah menguji konsumsi BBM Premium dan Pertamax menggunakan motor Vespa. Rute pengujian dilakukan dengan perjalanan motor di Jakarta sejauh 30 km. Hasilnya saat menggunakan Pertamax, motor mampu mencatat angka konsumsi BBM sebesar 1 liter untuk 34,36 km.



Bagaimana dengan Premium? Masih menggunakan motor yang sama dengan rute sejauh 30 km juga. Hasilnya untuk 1 liter Premium hanya bisa menjangkau 30,6122449 km. Atau 1 liter untuk 30,6 km.

Nah, jadi sudah bisa diketahui menggunakan bahan bakar jenis Pertamax lebih irit ketimbang menggunakan bahan bakar jenis Premium.

Begitu juga kalau detikOto membawa mobil Yaris dengan rute yang sama sejauh sekitar 40-50 km dengan kondisi jalanan di Jakarta seperti umumnya. Kecepatan maksimal sekitar 60 km per jam dan beberapa kali menemui kemacetan. Jadi stop and go sering kali dilakukan.

Hasilnya untuk Yaris konsumsi BBM menggunakan BBM premium mencapai 7,76 km per liter. Sementara jika menggunakan Pertamax mencapai 9,65 km per liter. Itu artinya ada perbaikan sekitar 24,4 persen.



Dari sisi performa pun BBM Pertamax lebih jagoan dari Premium. Toyota Yaris dengan bahan bakar Pertamax mampu mengeluarkan tenaga maksimalnya sampai 106,1 bhp pada 6.000 rpm. Sementara Yaris dengan menggunakan Premium hanya mampu menghasilkan tenaga sampai 102,5 bhp saja.

Begitu pula dengan torsi. Ketika menggunakan BBM Pertamax, torsi mobil yang berhasil dikeluarkan mencapai 136,6 Nm pada 4.500 RPM sedangkan Premium hanya sanggup mengeluarkan torsi sampai 133,3 Nm pada rpm yang sama.

Berikut kurva tenaga Premium dan Pertamax menggunakan Yaris 2012:


Dari kurva terlihat jelas perbedaannya antara RON 88 (Premium) dan RON 92 (Pertamax). Memang menggunakan BBM premium mungkin lebih irit, tapi Otolovers juga harus melihat dampaknya dalam jangka panjang untuk kendaraan Anda.





Tonton juga 'BUMN Tak Tahu Rencana Kenaikan Harga Premium':

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed