Senin, 08 Okt 2018 14:16 WIB

Waduh! Gara-gara Emisi, Vespa Tua Terancam Punah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bengkel Vespa Tua. Foto: Khairul Imam Ghozali Bengkel Vespa Tua. Foto: Khairul Imam Ghozali
Genoa - Merek skuter Vespa sangat legendaris. Tak jarang pencinta Vespa yang masih memiliki skuter jadul bermesin 2 tak. Namun sepertinya skuter Vespa bermesin dua tak akan punah, setidaknya di kota kelahirannya, Genoa, Italia dalam waktu dekat ini.

Diberitakan The Guardian, Walikota Genoa yang baru, Marco Bucci, membawa mosi untuk melarang Vespa tua. Alasannya, skuter legendaris itu turut menyumbang polusi di jalanan kota. Tentu itu menjadi kabar buruk bagi penggemar Vespa di kota kelahiran Piaggio.



Pada 2016, larangan Vespa tua ini sempat disuarakan pemerintah kota Genoa sebelumnya meski baru sebatas wacana. Tapi, ancaman larangan Vespa tua itu kembali disuarakan oleh Bucci karena dia menilai skuter tua tersebut memiliki mesin yang paling mencemari.



Kebijakan transportasi baru lebih mendorong penggunaan kendaraan listrik. Artinya, sebenarnya skuter Vespa tak akan benar-benar hilang di kota kelahirannya. Setidaknya, pabrikan skuter legendaris itu sudah memiliki skuter listrik bernama Elettrica.

Vespa ElettricaVespa Elettrica Foto: Vespa


Selain itu, skuter Vespa 4 tak yang saat ini masih diproduksi tampaknya juga tidak akan benar-benar dihilangkan di Genoa. Namun, pertimbangan keputusan ini bakal membuat pencinta Vespa legendaris kecewa. Maklum, masih banyak penggemar Vespa yang mengoleksi Vespa tua di sana.





Tonton juga 'Vespa Primavera Spesial Lahir di Ulang Tahunnya ke-50':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed