Uji Skill Ketahanan di Balapan Berdua dalam Satu Motor

Nabila Nufianty Putri - detikOto
Minggu, 30 Sep 2018 14:19 WIB
Foto: Nabila Putri/detikcom
Bogor - Melakukan balapan di jalan raya menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang, bahkan memberikan rasa sensasi tersendiri khususnya bagi pecinta balap motor liar. Namun apa salahnya mencoba balapan di sirkuit dengan lika-liku track yang berbeda juga memberikan suatu tantangan tersendiri.

Jika sudah sering mengikuti balapan di sirkuit dan ingin merasakan sensasi balapan yang berbeda, mungkin Anda harus mencoba tantangan ketahanan balapan dari Yamaha Endurance Festival 2018. Sudah empat tahun Yamaha mengadakan acara balapan di sirkuit yang sebelum itu selalu diadakan edukasi untuk pada para pebalap.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini, acara yang diadakan yaitu menguji ketahanan balapan dengan satu motor terdapat dua pebalap yang nantinya akan bergantian dalam menyetir. Sehingga, ketahanan, strategi dan kekompakan tim sangat diperlukan dalam balapan kali ini. Bagaimana? Sangat menantang bukan?


Pebalap yang mengikuti Yamaha Endurance Festival 2018 terdiri dari 2 kategori, pertama pebalap profesional dan kedua pebalap komunitas. Mereka juga mendapatkan safety race layaknya pebalap profesional. Edukasi safety race tersebut terdiri dari safety gear yang baik, helm yang aman, baju balap, dan lain-lain.

Menurut General Manager Aftersales dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor MGF Muhammad Abidin, semakin tahun based lap tersebut makin berkembang dan memasuki tahun keempat Yamaha memberikan ide baru dalam sejarah yang mengadakan Yamaha Endurance Festival 2018.

Untuk waktu perjalanan balap kategori khusus R15, komunitas ini berlangsung selama 1 jam. Selain riding skill juga butuh ketahanan fisik, mengirit bahan bakar, menjaga ketahanan mesin agar bisa bertahan selama waktu yang ditentukan.

"Ini balap kecerdasan mengatur ritme tim, tidak bisa egois balapan sendirian gitu,"ujar Abidin.

Ia juga mengungkapkan, motor yang digunakan terdiri dari AllnewR15, R15 dan R25 karena ini balapan khusus motor sport.

Uji Skil Ketahanan di Balapan Berdua dalam Satu MotorFoto: Nabila Putri/detikcom

Harapannya, Yamaha mengambil peran dalam mengedukasi dalam menjalani safety riding, sehingga jika ingin balapan lebih baik di sirkuit, menggunakan peralatan yang aman dan bisa menggeber adrenaline namun tetap aman. Meskipun masih ada risiko namun tidak separah di jalan raya.

"Ketika saya bertanya bagaimana safety race pada salah satu anggota komunitas, mereka menjawab. Aduh pak saya jadi ngeri buat balapan di jalan raya, jatuh di sirkuit saja sakit apalagi di jalan raya. Jadi setelah mereka mengetahui tentang safety, jadi lebih peduli terhadap keselamatan balapan," cerita Abidin.

Menurutnya jika ingin balapan hendaknya di sirkuit karena akan lebih menantang dan tidak membahayakan orang lain seperti di jalan raya. Jika di sirkuit dan jatuh-jatuh tidak akan melukai atau membahayakan orang lain. Terlebih balapan di sirkuit dapat membuktikan kemampuan balapan dan lebih menantang.


Animo saat ini memberikan kegembiraan tersendiri bagi Yamaha, 53 motor dengan lebih dari 100 rider yang ikut, sehingga Yamaha mengkolaborasi dengan acara lain, seperti service motor, permainan dan ada hiburan lainnya, maka akan diadakan lagi tahun depan.

"Jika melihat animo seperti ini, tahun depan akan diadakan lagi," tutup Abidin. (ega/ddn)