Kamis, 27 Sep 2018 16:58 WIB

Injeksi Vs Karburator

Buat Touring, Lebih Enak Pakai Motor Karburator atau Injeksi?

Luthfi Anshori - detikOto
Motor injeksi Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Dulu mungkin banyak yang beranggapan jika motor karburator lebih asyik diajak riding jauh daripada motor injeksi. Motor karburator dinilai lebih gampang ditangani sendiri jika ada masalah di jalan.

Tapi hal itu sekarang hanya mitos, karena faktanya motor injeksi lebih enak diajak touring. "Buat touring sudah pasti lebih enak mesin injeksi. Karena injeksi lebih stabil," ucap Marcell dari Bike Corner, Jakarta Barat, kepada detikOto.



Stabil yang dimaksud, mesin injeksi tidak terpengaruh dengan perubahan temperatur udara, karena injeksi dilengkapi berbagai macam sensor yang bisa menyesuaikan kondisi udara sekitar.

"Biasanya motor injeksi dilengkapi sensor O2 (oksigen) di ujung knalpot. Itu bisa membaca tingkat kelembaban udara. Jadi suplai bensin ke ruang bakar tetap stabil sesuai kebutuhan," lanjut Marcell.



Berbeda dengan karburator. Jika bertemu perubahan cuaca, perangkat ini tidak bisa menyesuaikan. "Motor pasti jadi beda tarikannya karena pengaruh suhu luar," pungkas Marcell.

Selain lebih asyik digunakan untuk touring, jika ada masalah di jalan, motor injeksi juga mudah diperbaiki karena mulai banyak bengkel umum yang menawarkan jasa servis injeksi. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com