Rabu, 26 Sep 2018 07:00 WIB

Laporan dari AS

Ini Dia Motor Dua Silinder Royal Enfield, Suara Lebih Garing!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Royal Enfield Interceptor 650 (kiri) dan Continental GT 650. Foto: Rangga Rahadiansyah
Santa Cruz, California - Royal Enfield menjanjikan bakal meluncurkan motor dengan mesin dua silinder modern pertamanya. Kali ini, mesin dua silinder itu baru disematkan di Royal Enfield Continental GT 650 dan Interceptor 650.

Royal Enfield menggelar acara konferensi pers sekaligus mengundang detikOto dan awak media dari Indonesia dan internasional untuk menggeber kedua motor itu di jalanan California, Amerika Serikat. Sebelum dicoba detikOto besok, kebetulan dua motor tersebut terparkir di halaman Dream Inn Hotel Santa Cruz, California. Tak ada salahnya detikOto melihat langsung motor itu sekaligus mencoba menyalakannya.



Kesan pertama, dua motor itu tampak lebih kekar dengan konfigurasi mesin dua silinder paralel. Terlebih, terdapat dua pipa knalpot di kanan dan kirinya yang menambah kesan kekar.

Desain klasik has Continental GT dan Interceptor tetap dipertahankan. Continental GT hadir dengan gaya British cafe racer, sementara Interceptor terkesan seperti motor klasik untuk santai.



detikOto juga mencoba menyalakan mesin kedua motor tersebut. Suara mesin dua silinder 650 cc lebih garing ketimbang mesin Royal Enfield sebelumnya. Namun, suara khas mesin motor klasik tetap ada pada motor ini meski terdengar lebih garing karena berkonfigurasi dua silinder.

Untuk diketahui, mesin dua silinder baru dari Royal Enfield ini memiliki konfigurasi cam overhead tunggal, 8 valve, air/oil-cooled, 648cc, dua silinder paralel. Mesin 650 cc dua silinder paralel berpendingin udara ini diyakini akan menjadi daya tarik penggemar motor Royal Enfield.

Selain menyalakan mesin, detikOto sempat mencoba menunggangi Continental GT secara singkat di halaman hotel. Memang detikOto belum mencoba menggeber motor ini dengan kecepatan tinggi. Tapi setidaknya, detikOto merasakan impresi berjalan pelan menggunakan Royal Enfield Continental GT.

Kesan pertama, motor ini sepertinya masih mudah dikendalikan meski mesinnya sudah menganut dua silinder. Tenaga yang disalurkan pada putaran rendah sangat mulus, tidak terasa getaran yang berarti.

Rencananya, Rabu (26/9/2018) siang waktu California detikOto akan menggeber Royal Enfield Continental GT dan Interceptor dengan mesin dua silinder di jalan raya Amerika Serikat. Jadi, impresi lengkap seharusnya bisa dirasakan ketika riding jarak jauh ini. Penasaran? Simak terus ulasannya di detikOto! (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com