Jumat, 21 Sep 2018 15:50 WIB

Moge Polisi Tangguh dan Jarang Bermasalah

Ridwan Arifin - detikOto
Motor gede polisi tengah diservis (Foto: Ridwan Arifin) Motor gede polisi tengah diservis (Foto: Ridwan Arifin)
Depok - Polri menggunakan motor besar atau motor gede (moge) untuk patroli jalan raya, misi pengawalan pejabat negara atau voojrider. Salah satu yang sering terlihat di jalanan adalah Yamaha XJ900P.

Ade, pemilik bengkel AMS di Jalan Siliwangi No 50, Pancoran Mas, Depok yang sudah terbiasa melakukan servis motor gede polisi tersebut mengatakan bahwa motor tersebut sangat tangguh dan jarang mengalami masalah.




Menurutnya spare part motor berlambang garpu tala ini mudah dan harganya terjangkau. "Saya akuin motor ini daleman mesinnya kuat, spare partnya juga gampang, kalau indent pun paling kurang dari seminggu sudah bisa di dapat, dibanding merk lainnya," ungkap Ade kepada Detikoto.

"Soal kelistrikan P900 paling tangguh, jarang saya temuin masalah di bagian situ, enakan ini juga ngerawatnya," tambah Ade yang sudah memiliki tiga karyawan di bengkelnya.

Ade menyebutkan biaya servis berkala untuk P900 dikenakan biaya jasa sebesar Rp 250 ribu. "Itu untuk pembersihan karbu, filter udara, sama lubang exhaust," kata Ade.

Biaya akan naik menjadi Rp 600 ribu apabila ada pergantian komponen oli dan filter udara. Ade nampaknya sudah paham betul dengan kondisi moge kepolisian, hanya membaca keluhan ia mengetahui sumber masalahnya.

"Biasanya kalau kendala motor suka mati atau macet dalam kondisi panas, paling penyakitnya itu aja lubang-lubang exhaust," ungkap Ade.

Saat ditemui detikOto, Ade kedapatan sedang membuka katalog mesin Yamaha XJ900P. Pasalnya ada salah satu moge dinas milik Polresta Depok terlihat sedang penanganan servis besar.

"Ini motor P900 tahun 2003 lagi ada masalah di aternator sama gigi duanya," ungkap pria ramah ini yang pernah menjadi mekanik Suzuki Indomobil sejak tahun 1993 hingga 2000.

Untuk servis besar Yamaha XJ900P tersebut Ade menuturkan perlu mengeluarkan biaya Rp 10 juta untuk jasa dan sparepart. Saat disinggung berapa hari yang dibutuhkan untuk menyelesaikan servis besar P900, ia mengaku tidak butuh waktu lama. "Sebenarnya kalau spare part sudah lengkap, nggak ada hitungan bulan, hitungan hari juga kelar ini," tutur Ade. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com