Rabu, 19 Sep 2018 17:29 WIB

Skutik 4 Tak Pakai Knalpot Motor 2 Tak, Bolehkah?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Belakangan ini marak modifikasi nyeleneh yang dilakukan bikers motor 4 Tak. Modifikasi tidak lazim ini mengganti knalpot motor bawaan dengan knalpot 2 Tak.

Modifikasi knalpot ini sempat di-posting di instagram @agoez_band dan menjadi viral. Secara konstruksi, knalpot 4 Tak dan knalpot 2 Tak punya bentuk berbeda. Lalu apakah ada efeknya ke mesin dan gas buang jika motor 4 Tak dipasangi knalpot 2 Tak?



"Setiap pabrikan telah mendesain knalpot sedemikian rupa. Desain knalpot sangat mempengaruhi performa tenaga dan emisi gas buang. Dan semestinya desain muffler (knalpot) 4 tak berbeda dengan motor 2 tak dari cara langkah kerja mesin," ujar Wedijanto Widarso , General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), kepada detokOto, Rabu (19/9/2018).



Menurut Wedi, pada motor 4 Tak diharapkan gas buang langsung dapat dibuang tanpa melalui chamber seperti motor 2 Tak. Sedangkan pada motor 2 Tak perlu chamber atau perut knalpot yang berfungsi sebagai pemantul gas buang dari mesin supaya motor mendapatkan tenaga.

Pada motor 2 Tak, semakin besar chamber, maka motor akan semakin kuat di putaran atas. Sedangkan semakin kecil chamber, motor akan nendang sejak putaran bawah.

Jadi kesimpulannya, mengganti knalpot motor 4 Tak dengan knalpot 2 Tak merupakan modifikasi yang kurang tepat ya Otolovers. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed