Rabu, 12 Sep 2018 17:36 WIB

Kayak Ada Hantunya, Moge Ini Bisa Jalan Sendiri

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BMW R1200GS yang Sudah Dilengkapi Teknologi Otonom. Foto: Istimewa BMW R1200GS yang Sudah Dilengkapi Teknologi Otonom. Foto: Istimewa
Marseille - Teknologi kendaraan saat ini semakin canggih saja. Kita tahu di dunia sudah banyak yang mengembangkan teknologi mobil otonom, yaitu mobil yang bisa berjalan dengan mulus tanpa kendali sopir manusia.

Tapi, teknologi serupa tak hanya ada pada mobil. Bahkan sepeda motor pun bakal menerapkan teknologi otonom tanpa pengendara. BMW Motorrad mengembangkan teknologi tersebut.



Memang sebagian pencinta sepeda motor lebih menikmati berkendara ketimbang cuma duduk di atas motor yang berjalan. Namun, BMW Motorrad kini berpikir bahwa motor juga perlu teknologi otonom. Setidaknya mereka sudah mulai menguji coba motor yang bisa berjalan sendiri tanpa kendali manusia.

Pabrikan asal Jerman itu menguji motor otonom di Marseille, Prancis. Di sana, BMW R1200GS yang sudah ditanamkan teknologi otonom membuktikan diri bisa berjalan tanpa kendali manusia.



Motor gede (moge) bermesin 1.200 cc itu dibekali input pada steering actuator motor, kopling, gas dan gigi, serta sebuah standar otomatis. Boks kanan-kiri BMW R1200GS ini diisi dengan komputer, unit GPS, dan sensor. Perangkat itu berfungsi agar motor tetap berdiri dan bergerak juga mengawasi lingkungan sekitar. Jadi, motor tetap bisa menghindari rintangan yang ada di jalan.

Dalam pengujian, setelah mengendarai motor di lintasan, test rider turun dari motor. Kemudian, motor berjalan sendiri. Bahkan, motor itu tampak lincah bergerak sendiri tanpa adanya pengendara.

Ketika motor akan berhenti, standar akan keluar secara otomatis. Saat benar-benar berhenti motor tetap dalam keadaam berdiri.

https://www.youtube.com/watch?v=4JlYE6nSNJI (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed