Selasa, 21 Agu 2018 18:18 WIB

Sulitkah Freestyle Pakai Moge seperti Stuntman Jokowi?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Reza SS lakukan stoppie pakai motor. Foto: Instagram/reza_ss Reza SS lakukan stoppie pakai motor. Foto: Instagram/reza_ss
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) digambarkan menggunakan motor gede (moge) dengan aksi yang impresif dalam video pembukaan Asian Games 2018. Dalam video itu, pemeran pengganti Jokowi yang juga seorang stunt rider melakukan aksi ekstrem menggunakan moge.

Salah satu aksi yang paling menarik adalah stoppie, yaitu teknik mengangkat roda belakang dan hanya bertumpu pada roda depan motor. Aksi itu dilakukan saat Jokowi ceritanya harus mengerem mendadak ketika berhadapan dengan bajaj. Sulitkah menerapkan teknik freestyle tersebut di motor gede seperti stuntman Jokowi yang pakai moge Yamaha FZ1 bermesin 1.000 cc?

"Dibilang susah ya susah. Tapi kalau mau belajar ya bisa," kata Stunt rider profesional Indonesia, Reza SS saat berbincang dengan detikOto.



"Susahnya kalau dari orang yang biasanya pakai motor kecil, pindah ke sana kan lebih beda. Powernya, terus handling-nya mungkin sedikit doang bedanya. Yang beda banget itu power sama bobotnya. Karena kan agak lebih berat sedikit," katanya.

Reza SS freestyle pakai moge. Reza SS freestyle pakai moge. Foto: Instagram/reza_ss


Reza menyarankan, kalau mau melakukan hal ekstrem seperti dalam video Jokowi naik moge, sebaiknya latihan secara rutin di lingkungan tertutup. Latihan itu sebaiknya didampingi oleh orang profesional sehingga lebih lancar latihannya.



Reza sendiri sudah sering melakukan aksi freestyle. Bahkan, tak jarang pula dia melakukan moge untuk aksi freestyle.

"Kalau sekarang sih udah pakai Harley pun bisa, Harley paling besar 1.200 cc yang Sportster XR. Kalau sekarang lagi sering show pakai Triumph Street Triple 675," ucap Reza. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com