Senin, 20 Agu 2018 16:28 WIB

Sayang Sekali, Moge yang Dipakai Jokowi Tak Diproduksi Lagi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jokowi digambarkan naik moge Yamaha FZ1 saat pembukaan Asian Games. Foto: INASGOC/Dhoni Setiawan Jokowi digambarkan naik moge Yamaha FZ1 saat pembukaan Asian Games. Foto: INASGOC/Dhoni Setiawan
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunggangi motor gede (moge) saat pembukaan Asian Games 2018. Moge itu biasa dipakai Paspampres. Motor yang dimaksud adalah Yamaha FZ1.

Sayangnya, Yamaha saat ini sudah tidak lagi memproduksi Yamaha FZ1. Yamaha Indonesia juga tidak pernah menjual massal motor FZ1 yang dipakai Jokowi itu.

Menurut Public Relations Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, moge yang dipakai Paspampres dipesan secara khusus.



"Untuk saat ini Yamaha FZ1 tidak akan dipasarkan. Karena sudah discontinue," ucap Anton kepada detikOto, Senin (18/8/2018).

Yamaha FZ1 diproduksi Yamaha sejak 2001. Tapi, pada 2015 motor itu sudah disetop produksinya. Sebagai gantinya, Yamaha mengeluarkan motor naked bermesin 1.000 cc, yaitu Yamaha MT-10 atau di Amerika dijual dengan nama Yamaha FZ-10. Namun, Yamaha belum juga meluncurkan MT-10 di Indonesia.



"MT-09 juga bisa menjadi alternatif," kata Anton.

Yamaha MT-09Yamaha MT-09 Foto: Dadan Kuswaraharja


Namun, Yamaha MT-09 mesinnya lebih kecil, yaitu 847 cc. Konfigurasinya juga cuma tiga silinder. Berbeda dengan moge yang dipakai Jokowi yang menggendong mesin 1.000 cc empat silinder.



Simak video Gaya Milenial Presiden Jokowi di Asian Games 2018 (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed