Senin, 23 Jul 2018 11:06 WIB

Nggak Nyasar Lagi, Naik Motor Sekarang Bisa Pakai Google Maps

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ilustrasi GPS Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi GPS Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pengguna motor mulai pekan ini bisa menggunakan aplikasi peta Google Maps. Google menambahkan pilihan berkendara dengan motor di Maps-nya.

Selama ini, pilihan berkendara di aplikasi Google Maps hanya naik mobil, naik bus atau transportasi umum lainnya seperti kereta. Sekarang naik motor jadi ada pilihannya. Di Indonesia, fitur ini sebenarnya sudah dirilis bulan Maret lalu.



Pilihan rute ini akan menawarkan rute dengan jalanan sempit dan jalan memotong yang tidak bisa diakses oleh mobil. Dengan rute motor, akses ke jalan tol juga akan dihindari.

Google pertama kali memperkenalkan mode rute motor itu di India akhir Desember lalu. Kepala Produk Google Maps Krish Vitaldevara mengatakan rute motor ini diharapkan bisa membuat pengendara mengingat jalur mereka sebelum mereka mulai berkendara. Apalagi jalanan di negara seperti Asia Tenggara kadang tidak memiliki nama jalan.



Seperti dilansir The Verge, mode motor di Google Maps akan tersedia di Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Pengguna Android akan mendapatkan update terlebih dulu. Sementara untuk perangkat iOS Google belum memberikan informasi kapan ada mode motor di Google Maps.


Foto The VergeFoto The Verge Foto: The Verge


Untuk bisa menggunakan rute motor cukup mudah. Terlebih dulu pastikan aplikasi Google Maps sudah terupdate ke versi 9.73.3 di Play Store. Bila sudah jalankan aplikasi tersebut.

1. Masukan alamat yang akan dituju

2. Klik Direction

3. Kita akan melihat opsi motor di bagian atas

4. Setelah menekan opsi tersebut, kita akan diberikan petunjuk arah dengan motor

Tapi perlu diingat, meski telah hadir di Indonesia, layanan ini belum sepenuhnya hadir di seluruh daerah. "Saat ini baru tersedia di daerah yang banyak pengendara motornya, seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan kota besar yang banyak motornya," ungkap Krish.



Cek video Rute Khusus Motor di Google Maps

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed