Jumat, 20 Jul 2018 14:12 WIB

Bagaimana Persaingan Matik 150 cc di Pasar Motor Bekas?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Yamaha NMAX (Foto: Avitia Nurmatari) Yamaha NMAX (Foto: Avitia Nurmatari)
Jakarta - Persaingan motor matik 150 cc di Indonesia saat ini menarik untuk disimak. Hingga saat ini, Yamaha NMAX masih menguasai pasar motor matik 150 cc di pasar motor baru, juga di pasar motor bekas.

"kalau di pasar motor bekas dari Yamaha itu NMAX, lagi naik dia," ujar karyawan diler jual-beli motor bekas, Mega Motor, Feri, saat dihubungi detikOto.



Dimulai pada 2015, Yamaha meluncurkan skuter bongsor Yamaha Nmax, keluarga pertama yang disebut Yamaha, Maxi Series. Motor langsung mencuri perhatian, banyak orang yang memboyongnya pulang dari pertama kali kemunculannya.

Melihat antusias yang baik dari masyarakat, Yamaha kembali meluncurkan matik 155 cc berbadan gembrot yakni Aerox. Namun Yamaha tidak sendiri, ada Honda yang juga punya produk motor dengan kapasitas mesin 150 cc, yakni Honda Vario dan yang terbaru Honda PCX buatan lokal. Namun sama halnya dengan pasar motor baru, di pasar motor bekas, matik 150 cc Honda kalah saing dengan Yamaha.



"Kalau PCX belum ada, kan sebelumya ada tapi yang build-up(CBU) jadi mahal. Ada Honda Vario sebulannya bisa 5-6 unit terjual, kalau Aerox 3 unit, NMAX bisa 10 unit-an," tutur Feri.

Alasannya, lanjut Feri mengatakan karena Yamaha NMAX punya desain yang bikin orang nyaman berkendara. "Posisinya lebih nyaman, terus kan bisa selonjoran tuh kakinya," lanjutnya.

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed