Selasa, 17 Jul 2018 19:26 WIB

Motor Listrik Nasional Gesits Bisa Pakai Baterai Pertamina-UNS

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pertamina dan UNS Ciptakan Baterai Motor Listrik. Foto: Pertamina Pertamina dan UNS Ciptakan Baterai Motor Listrik. Foto: Pertamina
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



PT Pertamina (Persero) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil mengembangkan Lithium-Ion Battery (LIB) untuk motor listrik. Baterai itu bisa diaplikasikan di motor listrik garapan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Gesits.

Hal itu dikonfirmasi oleh CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah. Pria yang akrab disapa Memet itu mengatakan bisa saja baterai garapan Pertamina dipakai gesits.

"Cuma itu kan masih prototipe, masih RnD. Motor (Gesits) aja 4 tahun dikembangkan sampai bisa masuk ke produksi," kata Memet kepada detikOto, Selasa (17/7/2018).



Artinya masih ada beberapa tahap sampai baterai garapan Pertamina dan UNS itu benar-benar siap digunakan di motor listrik. Tapi, Memet menilai positif terobosan Pertamina dan UNS dalam menciptakan baterai lithium-ion untuk motor listrik.

"Ini kan jadi terobosan, Alhamdulillah anak bangsa kita sudah mampu bikin baterai. Tapi tentunya butuh pengetesan dulu, perlu waktu lagi," ujar Memet.



"Tapi ujung-ujungnya, dengan semangatnya Gesits, kan inginnya semua dalam negeri," katanya.

Tapi, sambung Memet, untuk produk pertama Gesits yang rencananya diluncurkan tahun ini mungkin belum siap menggunakan baterai garapan Pertamina. Soalnya, baterai itu masih perlu dikembangkan lebih lanjut.

Infografis GesitsInfografis Gesits Foto: Zaki Alfarabi
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed