Sabtu, 14 Jul 2018 18:05 WIB

Honda Akui Matik Made in Vietnam SH 150i Kalah Saing dengan PCX Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Honda SH150i di Indonesia Foto: Rangga Rahadiansyah Honda SH150i di Indonesia Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek (APM) Honda motor di Indonesia, menyebut motor matik made in Vietnam Honda SH 150i cocok dengan pasar Indonesia. Namun bila berbicara penjualan, pada Januari-Juni 2018, penjualan motor ini hanya mencapai 2 unit saja. Sangat jauh bila dibanding tahun sebelumnya.



Salah satu alasannya adalah banyak konsumen yang lebih memilih Honda PCX rakitan dalam negeri.

"Hal ini lebih karena desainnya berbeda. Awalnya kita memang mencoba pasar baru dengan desain klasik elegan motor skutik besar, tapi ternyata konsumen di Indonesia rasanya masih lebih suka desain Honda PCX," ungkap Marketing director Astra Honda Motor, Thomas Wijaya di Jakarta, semalam (13/7/2018).

"Kita juga melihat pilihan dari masyarakat Indonesia untuk motor seperti ini bergaya klasik masih kecil segmennya (peminatnya)," kata dia lagi.



Sampai sekarang SH 150i masih dijual oleh pihak AHM dengan metode menyesuaikan permintaan konsumen. "SH memang ada beberapa yang ready di diler. Tapi itu sebagian besar untuk display. Kalau konsumen mau, nanti kita bawa namun memang kebutuhan untuk SH 150i sedang menurun," ucap Thomas.

Berdasarkan data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang diperoleh detikOto, Honda baru menjual dua unit Honda SH150i pada tahun ini. Itu pun hanya pada bulen Mei. Sisanya, Honda tidak mengirim sama sekali skutik yang diimpor utuh dari dari Vietnam ini.

Sejak peluncurannya pada 2017, Honda SH150i penjualannya juga tak sebanyak skutik Honda lainnya. Selama tujuh bulan dari Juni sampai Desember 2017, Honda hanya menjual 140 unit SH150i.



Artinya, populasi Honda SH150i di Indonesia sangat terbatas. Baru ada 142 unit Honda SH150i di Indonesia selama setahun.

Soal harga, Honda sudah merevisi harga jual SH150i ini. Awalnya pada saat peluncurannya tahun lalu, Honda mengumumkan harga SH150i Rp 44,9 juta. Namun, saat ini harga motor itu turun. Dilihat dari situs resmi Astra Honda Motor, skutik premium bergaya Eropa itu sekarang dijual dengan harga Rp 39,9 juta on the road Jakarta-Tangerang yang berlaku mulai April 2018. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com