Rabu, 11 Jul 2018 17:12 WIB

Suzuki Anggap Motor Trail Ngetren Sesaat

Ruly Kurniawan - detikOto
Suzuki Address (Foto: Hasan Alhabshy) Suzuki Address (Foto: Hasan Alhabshy)
Tangerang Selatan - Motor penggaruk tanah atau trail (motorcross) belakangan ini sedang ramai. Beberapa pabrikan sepeda motor pun seolah tidak ingin ketinggalan momen sehingga motor-motor trail baru bermunculan.

Namun Suzuki memutuskan yang lain. Mereka sampai saat ini belum memiliki rencana untuk menawarkan motor bergaya tersebut ke konsumen Indonesia.

Mereka beralasan, meningkatnya total volume motor trail di Indonesia bisa jadi hanyalah sesaat saja. Jadi, Suzuki tidak ingin gegabah mengikuti produsen roda dua lainnya. Di satu sisi, pihak Suzuki juga sedang memikirkan diferensiasi yang bisa diberikan kepada konsumen terhadap produknya.



"Kami prinsipnya memantau semua segmen. Tapi kami belum bisa putuskan saat ini apakah (motor trail) hanya tren sesaat. Soalnya motor hobi itu berbeda dengan motor harian," kata Manager Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Banggas Pardede di Tangerang Selatan.

"Sebelum meluncurkan produk baru kita juga harus pikirkan untuk positioningnya. Karena saya sadar sekali posisi Suzuki di pasar Indonesia itu seperti apa. Jadi, kalau tidak bisa mengisi posisi yang unik, hanya ikut merek lain, kami tidak akan ikut bermain. Tidak variabel," tambahnya.

Saat ini Suzuki sebenarnya sudah memiliki produk di semua segmen. Banggas mengungkapkan pihaknya hanya belum dapat menemukan waktu yang tepat untuk memperkenalkannya.



"Semua segmen roda dua itu kita ada, semua tipenya ada. Kemarin beberapa motor trail kita juga dipakai Polri. Ini artinya kalau Suzuki mau, produknya siap, tapi kami tunggu waktu yang tepat," ucap Banggas.

Diketahui, Suzuki pernah memasok produk motor trail DR 200 S untuk menjadi motor dinas kepolisian. Motor dual sport itu dibekali dengan mesin 4-tak 199cc dengan karburator. Jumlah yang diberikan oleh PT SIS saat itu mencapai 2.000-an unit. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Blak-blakan
×
Basarnas: SDM dan Alat Terbatas
Basarnas: SDM dan Alat Terbatas Selengkapnya