Rabu, 11 Jul 2018 09:18 WIB

Suzuki GSX-R250 Bisa Dibuat di Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Motor sport Suzuki bermesin 250 cc. Foto: Suzuki Motor sport Suzuki bermesin 250 cc. Foto: Suzuki
Tangerang Selatan - Meskipun cukup terlambat dibanding kompetitornya, nampaknya Suzuki akan menghadirkan motor 250cc, GSX-R250 dalam waktu dekat. Bahkan disebutkan, pihak Suzuki Indonesia tengah mempersiapkannya. Hanya saja dewasa ini pasar motor 250cc di Indonesia kurang bergairah.

Tapi, ada satu pernyataan yang cukup menarik. Pada perhelatan test ride Suzuki Nex II, Manager Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Banggas Pardede menyatakan bahwa bisa saja GSX-R250 diproduksi dalam negeri. Soalnya, pabrik Suzuki sudah bisa membangun motor dari nol.



"Di pabrik Suzuki di Indonesia, kita bisa bangun motor dari nol seperti bikin mesin dan lain-lainnya. Mesin apa saja, 150cc, sampai 250cc," katanya kepada wartawan di kawasan Tangerang Selatan, Selasa (10/7/2018) kemarin.

"Tapi tidak mudah juga untuk merealisasikan produk baru untuk langsung diproduksi di sini. Karena kita harus bicara minimum quantity. Perlu diketahui, salah satu investment terbesar untuk produksi sepeda motor ada di cetakannya. Nah ini dirundingkan, mana yang lebih efektif yakni disatukan di Indonesia (dengan pabrik perakitannya) atau dipusatkan ke Jepang semua? Jawabnnya saya tidak bisa katakan, bukan kompetensi saya," lanjut Banggas.



Selain itu, meyakinkan prinsipal (Suzuki pusat) untuk memproduksi produk baru di Tanah Air cukup sulit. Meski, Indonesia merupakan pasar yang seksi.

"Secara prinsip, Indonesia itu pasar paling seksi. Pabrik Suzuki pun sudah siap (produksi motor baru atau GSX-R250). Jadi, ketika kita inginkan harganya kompetitif, ya sebaiknya diproduksi di sini. Namun kita harus memiliki business plan untuk meyakinkan principal. Jaminannyalah ibaratnya," ungkap Banggas. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed