Selasa, 03 Jul 2018 14:05 WIB

Penumpang Ojek Online Dijambret, Ini Tips Aman untuk Pemotor

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Lokasi penumpang ojek online tewas dijambret. Foto: Sahaya Anisa/detikcom Lokasi penumpang ojek online tewas dijambret. Foto: Sahaya Anisa/detikcom
Jakarta - Sebuah video yang menggambarkan kecelakaan nahas tersebar di jagat maya. Kabarnya, kecelakaan itu diakibatkan oleh penjambretan terhadap penumpang ojek online.

Dikutip dari detikNews, seorang perempuan berinisial W (37) ditemukan meninggal dunia karena diduga menjadi korban penjambretan di Jakarta Pusat. Peristiwa itu terjadi di Jalan Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (1/7) sekitar pukul 08.00 WIB. Korban tersebut merupakan penumpang ojek online.

Menanggapi peristiwa yang menewaskan penumpang ojek online itu, Instruktur Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, menyoroti beberapa hal. Memang kronologi kecelakaan yang diduga akibat penjambretan itu masih dalam penyelidikan. Tapi, Andry selalu mengingatkan untuk pemotor agar selalu konsentrasi berkendara.



"Kronologis masih dalam penyelidikan apakah ini kasus penjambretan atau kasus kecelakaan karena berkendara dengan tidak fokus. Tips berkendaranya yang pasti berkendara adalah 100% full time job, tidak ada ruang untuk satu detik kesalahan. Selalu fokus terhadap lingkungan sekitar dan aware terhadap potensi bahaya yang mungkin datang," kata Andry kepada detikOto.

Jika naik motor berdua dengan penumpang, pastikan semua fokus melihat situasi jalan. Jangan melakukan aktivitas yang menghilangkan konsentrasi berkendara.



"Saat membawa tas, pastikan ditaruh dalam dekapan depan antara badan pengendara dan penumpang, jika perlu taruh dalam ekstra box atau bagasi dalam jika tas/barang berharga masih muat," ucap Andry.

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed