Senin, 02 Jul 2018 14:45 WIB

Motor Cuma Berubah Warna Bisa Tingkatkan Penjualan

Ruly Kurniawan - detikOto
Yamaha All New X-Ride 125. Foto: Yamaha Yamaha All New X-Ride 125. Foto: Yamaha
Jakarta - Warna pada kendaraan seperti sepeda motor melambangkan karakteristik penggunanya. Oleh sebab itu, warna sepeda motor yang sesuai dengan selera konsumen dinilai signifikan oleh pabrikan otomotif. Bahkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan perubahan warna di sepeda motor bisa berpengaruh terhadap penjualan sampai 20 persen.

Vice Executive President & COO PT YIMM Dyonisius Beti mengatakan, semakin banyak warna yang dikeluarkan dan menarik, penjualan sepeda motor bisa meningkat.



"Ketersediaan warna yang menarik itu sangat penting, karena sepeda motor dengan warna yang cocok bisa menaikkan 20 persen untuk kami, terhadap penjualan," kata Dyon di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Hal itu sejalan dengan diluncurkannya warna baru untuk Yamaha X-Ride 125 yang dinilai lebih modern dan kekinian, sesuai dengan konsumen muda 'zaman now'. Bahkan tiap varian warna yang dikeluarkan memiliki peruntukkan dan maksud yang berbeda, menggabungkan lifestyle dan kegiatan adventure.



Warna tersebut antara lain Dynamic Blue (biru putih) dan Freedom White (putih oranye) yang berkarakter petualang, serta Attractive Red (merah hitam) dan Exclusive Black (hitam abu-abu) yang bernuansa urban style.

"Soal warna, kami melakukan berdasarkan survei dan FGD (focus group discussion). Kami menginterview konsumen yang sudah memakai X-ride atau yang belum memakai. Apa yang mereka mau," kata dia.

Strategi penggunaan warna juga dilakukan Yamaha pada model-model lainnya seperti skutik premium Xmax 250 diberikan empat warna terbaru yakni Matte Red, Matte Black, Matte Silver dan Matte Blue.

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed