Rabu, 20 Jun 2018 11:15 WIB

Motor Kayu Beredar di Jalan Raya, Faktor Keselamatan Dipertanyakan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Suzuki Shogun 2004 berbodi kayu Foto: Budi Sugiharto Suzuki Shogun 2004 berbodi kayu Foto: Budi Sugiharto
Jakarta - Modifikasi motor menang merupakan salah satu cara menyalurkan ide kreatif seseorang. Banyak hasil modifikasi motor yang unik-unik. Salah satunya adalah motor berbodi kayu.

Saat ini banyak motor modifikasi yang menggunakan bodi kayu. Unik sih, tapi motor berbodi kayu itu dibuat jalan di jalan raya. Tentu faktor keselamatan menjadi pertanyaan besar, apakah motor kayu itu kuat dan aman digunakan di jalan raya?

"Ya dari sisi safety nggak bisa dipertanggungjawabkan," kata Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, kepada detikOto, Rabu (20/6/2018).

Sebab, kata Sony, pabrikan yang memproduksi motor secara massal saja memperhitungkan dari berbagai aspek. Termasuk kekuatan materialnya.

"Pabrik-pabrik yang sudah bangun unit motor semua hal dari yang kecil harus dihitung kekuatannya untuk keselamatan," sebut Sony.



Apalagi, kayu biasanya memiliki elemen yang lentur. Bisa-bisa bahan dasar kayu itu akan mengganggu stabilitas pengendaranya.

"Salah satunya ketika menikung, kena getaran dan lain-lain apa nggak bikin keseimbangan berantakan?" sebut Sony.

Secara estetika motor kayu memang terlihat indah. Tapi pihak kepolisian mengaku soal motor kayu ini mereka masih belum memutuskannya terkait legalitas motor kayu di jalan raya.

"Itu masih diteliti oleh Dishub karena itu KIR-nya ada di Kementerian Perhubungan," ujar Direktur Registasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri
Brigjen Pol Halim Pagarra beberapa waktu lalu. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed