Selasa, 12 Jun 2018 12:25 WIB

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik Naik Motor

Tia Reisha - detikOto
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - H-3 dan H-2 Lebaran merupakan puncak arus mudik. Biasanya beberapa ruas jalan ini dipadati oleh pemudik yang mengendarai motor. Memang tak bisa dipungkiri, mudik naik motor masih menjadi pilihan banyak orang karena praktis dan bisa digunakan jalan-jalan saat di kampung halaman.

Jika punya rencana mudik mengendarai motor, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan demi keselamatan saat perjalanan. Pastikan kondisi motor sudah dicek sebelum berangkat mudik. Bawalah ke bengkel terdekat untuk dicek segala komponennya. Mulai dari rem depan dan belakang, ban, oli, tekanan angin ban, hingga rantai.

Cek lampu motor dan pastikan masih berfungsi sehingga bisa memberikan penerangan yang cukup jika menempuh perjalanan malam hari. Pencahayaan yang cukup dapat meminimalisir kecelakaan yang mungkin saja terjadi.
Jangan sepelekan perlengkapan berkendara seperti helm, masker, dan sarung tangan. Pakai helm berstandar SNI dan masker serta sarung tangan untuk menghindari polusi udara dan sinar matahari.

Lalu perhatikan barang bawaan. Jangan sampai membawa barang yang melebihi kapasitas sehingga mengganggu keseimbangan saat berkendara. Jika membawa barang yang berlebihan, mesin, ban, rantai dan shockbreaker motor bisa rusak.

Membawa barang bawaan bisa menjadi praktis jika motor menyediakan bagasi yang luas seperti pada Yamaha Lexi. Bagian dek kakinya pun dibuat cukup luas sehingga bisa masih memungkinkan untuk menyimpan barang bawaan tanpa menganggu kaki.

Perjalanan mudik Anda juga akan lebih tenang dengan Yamaha Lexi karena dilengkapi dengan lampu depan LED ukuran besar. Jadi saat mudik malam hari pun, jalan di sekitar akan terlihat jelas. Yamaha Lexi juga dilengkapi lampu hazard untuk memberi tanda saat dalam keadaan darurat.

Yamaha Lexi yang mengusung mesin 125 Blue Core generasi terbaru ini juga cocok dibawa mudik karena mesinnya bertenaga, lincah tapi irit. Pemudik bisa melibas tanjakan dan jalanan berliku, selap-selip di jalanan macet dengan nyaman.


Soal kenyamanan, Yamaha Lexi menghadirkan jok yang luas dan panjang sehingga bisa duduk nyaman berboncengan sambil membawa tas. Dek kaki juga dibuat lega sehingga tidak akan menganggu kaki pengendara meskipun ada barang bawaan di depan.

Bahkan Yamaha Lexi juga dilengkapi dengan electric power socket yang memungkinkan pengendara mengisi baterai smartphone saat di jalan. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan baterai untuk mengecek GPS dan mencari jalan alternatif. (ega/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed