Minggu, 10 Jun 2018 17:21 WIB

Mudik Naik Motor? Atur Waktu Istirahat

Khairul Imam Ghozali, Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pemudik beristirahat di Posko Lesehan Enduro di Nagreg, Jawa Barat Foto: Khairul Imam Ghozali Pemudik beristirahat di Posko Lesehan Enduro di Nagreg, Jawa Barat Foto: Khairul Imam Ghozali
Bandung - Meski tidak disarankan mudik menggunakan motor, namun masih banyak yang melakukannya karena beberapa alasan tertentu. Untuk itu, mengatur waktu istirahat dalam perjalanan mudik bagi yang menggunakan motor sangat penting.

Untuk itu seperti yang dikatakan Brand Comm Manager Sales & Marketing Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants, Syafa'at Jajuli, mengatur waktu perjalanan khususnya bagi pemudik bermotor sangat diperlukan. Sebab, apabila dipaksakan sangat berisiko.



"Penting untuk mengelola waktu perjalanan dengan beristirahat di tempat-tempat peristirahatan yang sudah disediakan, atau silahkan mampir ke posko kami untuk beristirahat dan kembali bugar untuk kembali melakukan perjalanan ," ujarnya kepada detikOto, di posko Lesehan Enduro, Nagreg, Jawa Barat.

"Karena kan pastinya kita mau sampai ke tempat tujuan dengan selamat, untuk itu saran kami manage perjalanan dengan baik," ttambah Syafa'at.

Setidaknya lanjut Syafa'at menyarankan, istirahatlah di tempat-tempat peristirahatan yang ada, setelah dua sampai tiga jam perjalanan. Sebab, dalam jangka waktu perjalanan tersebut biasanya konsentrasi mengemudi mulai terganggu.



"Kondisi badan berkendara maksimum dua jam, kondisi badan kita masih bisa konsenterasi, lebih dari itu kondisi badan sudah menurun. Nah saat itu jika dipaksakan sangat berbahaya karena memang berkendara ini hitungannya detik yah, kalau nggak fokus itu bisa berisiko tinggi," lanjutnya.

Senda dengan Syafa'at, salah satu pemudik motor yang mampir ke Lesehan Enduro, Asep, mengatakan, mengatur waktu istirahat dalam perjalanan mudik dengan motor sangat penting untuk menjaga kondisi badan agar sampai ke kampung halaman dengan selamat.

"Ya supaya bugar kembali, tetap fokus dalam perjalanan. Kalau tidak diatur dengan baik (waktu istirahat) pastikan kondisi badan menurun, bahaya nantinya," ucap warga Karawang, yang hendak mudik ke Tasikmalaya itu. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mobil Baru Pramugari Garuda

    Mobil Baru Pramugari Garuda

    Selasa, 11 Des 2018 13:50 WIB
    Garuda Indonesia memilih Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan operasional para awak kabin. Garuda memilih varian GLS MT dengan warna Sterling Silver Metallic.
  • Lamborghini Recall 1.152 Unit Gallardo

    Lamborghini Recall 1.152 Unit Gallardo

    Selasa, 11 Des 2018 13:24 WIB
    Recall bisa terjadi pada mobil apa saja. Produsen mobil sport asal Italia Lamborghini mengumumkan akan menarik salah satu model lama, Gallardo.
  • Pramugari Garuda Diantar Xpander

    Pramugari Garuda Diantar Xpander

    Selasa, 11 Des 2018 12:20 WIB
    Pramugari dan awak kru maskapai flag carrier Indonesia, Garuda Indonesia bakal naik mobil operasional baru. Mobil itu adalah mobil MPV Mitsubishi Xpander.
  • Mobil Eropa Pecundangi Jepang

    Mobil Eropa Pecundangi Jepang

    Selasa, 11 Des 2018 12:11 WIB
    Jepang terkenal dengan mobilnya yang sangat efisien. Namun mobil terbaik di negara Jepang ternyata bukan mobil buatannya sendiri, melainkan buatan Swedia! Volvo