Selasa, 08 Mei 2018 14:22 WIB

Pengendara Bisa Kehilangan SIM Kalau Main Handphone saat Berkendara

Ruly Kurniawan - detikOto
Pengendara Bisa Kehilangan SIM Kalau Main Handphone saat Berkendara Foto: Rifkianto Nugroho Pengendara Bisa Kehilangan SIM Kalau Main Handphone saat Berkendara Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Demi keselamatan dan kenyamanan berkendara, menggunakan telepon saat memacu kendaraan sangat dilarang. Di Indonesia sendiri bila melakukan hal tersebut akan dikenakan denda yang sampai menguras kocek sebesar Rp 750 ribu. Nah kalau di India lebih sadis lagi nih Otolovers, karena bilamana ketahuan maka Surat Ijin Mengemudi (SIM) akan disita.



Melansir dari Drivespark, hal tersebut karena jumlah kecelakaan di jalanan India terus meningkat hingga pada tingkat yang mengkhawatirkan. Paling besar kontribusinya adalah mereka selalu menggunakan handphone saat mengemudi. Sehingga sekarang Pengadilan Tinggi Rajasthan telah menginstrusikan polisi lalu lintas untuk menarik dan menghapus legalitas SIM para pelanggar.

Langkah tegas bagi para pengemudi yang bermain handphone saat dijalanan ini sudah disahkan oleh Hakim Gopal Krishan Vyas dan Ramchandra Singh Jhala. Maka, penyitaaan dan pencabutan SIM kepada pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara memiliki legalitas.



Namun sebelum hal itu dilaksanakan, pengadilan tinggi menginstruksikan kepada RTO dan otoritas departmen transportasi untuk mengadakan sidang sehingga para terdakwa menjelaskan alasan penggunakan handphone saat berkemudi. Bila alasannya tidak diterima, maka SIM akan hilang dari dompet.

Menurut World Health Organisation (WHO), risiko kecelakaan akan meningkat empat kali lipat setiap pengendara mengeluarkan handphone saat berkemudi. Jumlah korban jiwa karena penggunakan ponsel meningkat ke angka yang mengkhawatirkan di seluruh dunia.

Maka tidak heran di beberapa negara peraturannya sangat ketat. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed