Senin, 23 Apr 2018 07:26 WIB

Pabrikan Motor Semarang Ini Siap Sambut Kendaraan Serba Listrik

Ruly Kurniawan - detikOto
Motor listrik Viar dan stasiun pengisian listrik umum. Foto: Khairul Imam Ghozali Motor listrik Viar dan stasiun pengisian listrik umum. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - PT Triangle Motorindo, produsen otomotif Viar Motor Indonesia yang memproduksi motor di Semarang ini terus berupaya untuk mendukung perkembangan di bidang riset dan teknologi. Beberapa waktu belakangan, ia telah meluncurkan motor listrik Viar Q1.

Dengan berbagai cara mulai dari mengadakan kampanye bersama PLN dan pihak terkait, Viar mengatakan bahwa telah siap menyambut kedatangan era kendaraan listrik sebagai alat transportasi masa depan.



Kali ini, perusahaan tersebut hadir dalam memeriahkan perayaan hari ulang tahun PP IPTEK yang diselenggarakan di gedung PP IPTEK Taman Mini Indonesia Indah. Bukan tanpa alasan, ia bermaksud untuk memperkenalkan bahwa di Indonesia, kendaraan listrik khususnya sepeda motor telah tersedia dan akan terus dikembangkan.

"Kami ingin masyarakat mengenal tentang Viar Motor Indonesia sebagai merk asli Indonesia yang telah 18 tahun berdiri dengan berbagai produk yang telah dirasakan dan dapat diandalkan oleh masyarakat Indonesia," kata Corporate Manager PT Triangle Motorindo Deden Gunawan di TMII, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Di sana, sampai sekarang Viar Q1 sudah terjual sebanyak 500 unit ke seluruh Indonesia. "Sudah ada 500 unit yang kita jual untuk motor listrik (Viar Q1)," tambah Deden.

Tidak berhenti sampai situ, kini PT Triangle Motorindo juga tengah mengembangkan kendaraan angkut roda tiga bertenaga listrik dan UTV (Utility Task Vehicle) yang dirancang sebagai kendaraan angkutan segala medan. Kendaraan yang masih berstatus prototipe itu dapat mengangkut barang dan manusia dengan batas tertentu. Sedangkan UTV ditujukan untuk menjadi kendaraan angkutan yang mampu berkerja di berbagai kondisi jalan.

"Dalam kegiatan ini tujuan kami adalah memberikan informasi dan edukasi tentang kendaraan yang sudah diproduksi dan dipasarkan sekarang," kata Deden.



"Keterlibatan kami di sini menjadi bukti bahwa Viar siap menyambut kedatangan era kendaraan listrik sebagai alat transportasi masa depan yang ramah lingkungan. Karena beberapa tahun ke depan, tuntutan ini bukanlah suatu wacana. Di berbagai negara Eropa dan Asia telah memulai memberlakukan kebijakan penggunaan kendaraan listrik," lanjutnya.

Maka diharapkan pemerintah makin serius untuk menerapkan kebijakan Go Green yang belakangan mulai terealisasi.

"Kami sangat berharap pemerintah dapat memberlakukan regulasi kendaraan listrik sebagai salah satu langkah kongkret dalam mengurangi tingkat polusi di Indonesia yang sudah membutuhkan langkah nyata. Kami mengamati sebagian besar negara-negara lain di dunia telah mengimplementasikan produk Go Green seperti dengan cara menerapkan regulasi untuk memberikan subsidi dalam jumlah besar. Nah, ini bisa ditiru oleh pemerintah," tutup Deden. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed