Pertumbuhan Ekonomi Jadi Penentu Penjualan Mobil di Indonesia

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Jumat, 13 Apr 2018 15:38 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Jadi Penentu Penjualan Mobil di Indonesia Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Penjualan mobil di Indonesia masih terbilang alot. Untuk tahun ini diharapkan dapat mencapai target sekitar 1,1 juta unit mobil terjual, tentu ini harus didukung oleh pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga meningkat.



Seperti yang disampaikan Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), Jongkie Sugiharto, pencapaian penjualan mobil sejalan dengan peningkatan ekonomi di Indonesia.

"Kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia, bisa 5,5 persen misalnya, ya angka 1,1 juta bisa tercapai," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Di luar itu, Gaikindo cukup optimis target tersebut bisa dicapai. Sebab, penjualan tiga bulan awal 2018 meningkat dibandingkan periode yang sama pada 2017.



"Kami optimis tetapi kan harus realistis. Jadi maksud saya adalah kita kejar terus tentunya. Ini kan sudah naik 3 persen dibanding Year on year tiga bulan pertama di 2017 dengan 2018," tutur Jongkie.

"Mudah-mudahan ini bisa tercapai terus pertumbuhan sampai akhir tahun," tambahnya.



Peluncuran beragam produk baru maupun penyegaran juga diharapkan Gaikindo dapat menggenjot angka penjualan hingga akhir tahun. Selain itu pameran otomotif yang diselenggarakan tahun ini juga diharapkan ikut mendorong angka penjualan mobil hingga akhir tahun.

"Kan setiap merek meluncurkan produk baru, kemudian ada facelift, lalu ada pameran, dan seterusnya," lanjut Jongkie. (khi/lth)