Selasa, 03 Apr 2018 14:49 WIB

Motor Listrik Asal Filipina Ini Terbuat dari Bambu

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor Listrik Asal Filipina Ini Terbuat dari Bambu Foto: Pool (Rideapart)
Jakarta - Motor listrik menjadi teknologi yang sangat dibutuhkan. Perusahaan asal Filipina pun sudah membuat motor listrik. Uniknya, motor listrik itu menggunakan bodi yang terbuat dari bambu.



Diberitakan Ride Apart, Meep Inc (singkatan dari Modular Energy Efficient Portage) yang berbasis di Filipina membawa konsep baru dalam hal motor listrik ramah lingkungan. Motor ini adalah hasil persembahan dari anak perusahaan Meep, Banatti. Motor ini dinamakan Green Falcon.

Ada beberapa bagian motor listrik yang menggunakan bahan bambu. Motor listrik ini dibekali body shell bambu, jok, speedometer dan housing dari bambu.



Menurut CEO dan Direktur Desain Meep Inc, Christopher Paris Lacson, Green Falcon lebih ringan daripada bahan fiberglass.

Menurut Lacson, bambu memiliki kekuatan mirip dengan baja. Ketika digabungkan, bambu menjadi bahan yang sangat kuat, katanya.



Struktur dua lapisan bambu dilaminasi dengan marine epoxy. Baterai dan motor listrik yang mampu membawa motor berlari 120 km/jam ini disimpan di dalam motor.

Namun, karena motor ini dirancang untuk perkotaan, motor listrik bambu ini hanya bisa berlari dengan kecepatan 96 km/jam. Hal itu diklaim bisa meningkatkan akselerasi dan masa pakai baterai.

Motor listrik bambu ini sekali dicas bisa menempuh jarak 43-50 km.

[Gambas:Youtube]

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com