Minggu, 18 Mar 2018 11:01 WIB

Pakai Jaket Terbalik Saat Naik Motor Bahaya, Lho!

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ilustrasi pengendara motor mengenakan jaket. Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi pengendara motor mengenakan jaket. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Otolovers mungkin pernah lihat pemotor di jalan pakai jaketnya terbalik. Maksudnya terbalik di sini adalah jaket bagian depan dipakai di belakang, begitu sebaliknya. Sekilas tidak ada yang salah, namun ternyata ada risiko kecelakaannya juga.

Disampaikan Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, meski pakai jaket terbalik mungkin niatnya baik, ternyata ada juga risikonya.



"Yang bahaya ritsleting, atau tali, pengait jaketnya itu kan di belakang, kalau itu terselip masuk jari-jari roda belakang pengendara bisa jatuh, gara-gara tersangkut," ujarnya saat dihubungi detikOto.

"Kalau niatnya si mungkin baik ya, jadi bagian belakang jaket diputar di depan, nggak ada celah angin masuk, lebih aman takut angin masuk," tambahnya.



Selain itu, menurut Sony, pakai jaket terbalik akan mengurangi tingkat kenyamanan berkendara si pemotor.

"Jaket sudah didesain agak kaku dan ada perbedaan bentuk antara bagian depan dan belakang. Ketika dipakainya terbalik, maka tidak akan nyaman untuk penggunanya, riding jadi terganggu," lanjutnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed