Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 17 Maret 2018, 20:21 WIB

Jalan Sepi Bukan Jaminan Aman Berkendara Sambil Baca GPS

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Jalan Sepi Bukan Jaminan Aman Berkendara Sambil Baca GPS Pengendara mulai menggunakan aplikasi Google Maps di motornya. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Saat ini GPS menjadi perangkat yang banyak dibutuhkan orang, karena membantu untuk menemukan titik yang dituju. Namun akan berbahaya jadinya, jika membaca GPS sambil berkendara. Meski di tempat yang sepi.

Seperti yang disampaikan Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Sigit Kumala, tempat sepi bukan jaminan aman membaca GPS sambil terus jalan mengendarai kendaraan.



"Nggak menjamin. Nanti kalau tau-tau di depan ada perempatan terus ada mobil nabrak, kan kita nggak tahu, konsentrasi kan terganggu," ujarnya kepada detikOto.

Menurutnya jalanan, apa lagi jalan raya utama yang sering dilewati lalu lalang kendaraan, tidak bisa ditebak situasi dan kondisinya. Untuk itu perlu kewaspadaan, dan dibutuhkan konsentrasi saat berkendara.



"Demi kebaikan bersama. Kan jalanan itu jalur motor dan mobil tidak dipisah, kalau memang di jalan sepi merasa aman (baca GPS sambil terus berkendara), tiba-tiba ada mobil kencang lewat keserempet kan bisa saja," kata Sigit.

"Makanya sebaiknya berhenti dulu kalau ingin lihat GPS. Hal-hal seperti itu memang harus disadarkan, karena nggak sedikit yang seperti itu," tambahnya.



(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed