Senin, 26 Feb 2018 19:16 WIB

Intip Biaya Servis Moge Harley-Davidson

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Intip Biaya Servis Moge Harley-Davidson Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Motor gede (moge) seperti Harley-Davidson harganya sudah cukup mahal. Paling murah Rp 200 jutaan untuk mesin 500 cc hingga Rp 2 miliaran untuk Harley-Davidson CVO.

Harga motornya sudah mahal, bagaimana biaya perawatannya? Service Manager Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Imam Budihardjo, mengatakan biaya jasa servis reguler sekitar Rp 400 ribu sampai Rp 1,2 juta.

"Biaya jasa regular ya di luar bongkar mesin, perawatan normal lah, maintenance rutin," kata Imam kepada wartawan saat ditemui di diler Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kalau turun mesin beda lagi. Kalau ganti mesin, bisa habiskan uang sampai ratusan juta rupiah.

"Ada yang dilihat mesinnya ternyata terlalu parah, mau ganti mesin aja, ya ganti mesin baru kita bisa order juga. Harga mesin variasi tapi kemarin ada yang pesan itu Rp 125 juta. Mesin Harley Screamin' Eagle 120 cubic-inch, hampir 2.000 cc," kata Imam.

Kembali ke perawatan berkala, Imam menyarankan motor Harley-Davidson selalu rutin diganti olinya. Dipakai atau tidak dipakai, oli harus diganti setahun sekali.

"Karena oli kalau keluar dari kemasannya, itu dia ada hubungan dengan udara. Jadi karena pengaruh udara dia akan menurun kemampuan kerjanya," katanya.

Masing-masing motor Harley-Davidson beda-beda kapasitas oli mesinnya. Ada yang 4 liter, ada juga yang 3,5 liter.

"Oli itu kisaran Rp 146 ribu per liter," kata Imam.

Sementara brakepad harga per setnya mencapai Rp 1,2 juta sampai Rp 1,3 juta. Kalau belt, harganya tembus Rp 4 jutaan.

"Kalau belt jarang sekali ganti. Karena tiap 50.000 km (jarang motor Harley-Davidson yang mencapai 50.000 km karena jarang digunakan). Dan sebetulnya kalau disetel bagus, nggak terlalu kenceng, nggak terlalu kendur itu bisa 100.000 km," katanya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com