Minggu, 11 Feb 2018 15:11 WIB

Suzuki Mau Bikin Fitur Keselamatan Motor Pakai Laser

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Meski sudah ada safety gear atau perlengkapan keselamatan tapi bagi pengendara motor sering dirasa masih kurang. Untuk itu seiring berkembangnya teknologi, Suzuki berencana membuat fitur keselamatan menggunakan teknologi dengan laser.

Diberitakan Rideapart, Minggu (11/2/2018), terlihat dari gambar paten dokumen Suzuki, menunjukan sistem tersebut nantinya berfungsi untuk menghindari tabrakan dan sistem peringatan berbasis laser yang mutakhir. Sistem tersebut nantinya berupa kotak dinamis yang bisa terhubung dengan trotoar sekitaran jalan. Kotak akan mengerat saat kecepatan lambat dan kembali longgar saat kecepatan tinggi.

Sistem kerja itu untuk mengingatkan pengemudi posisi motornya dan jarak paling aman untuk diikuti.

Selain itu, sistem ini juga terhubung pada bagian lampu motor, yang berfungsi sebagai sensor 360 derajat, mampu mendeteksi lalu lintas di sekitar dan memberi tahu seberapa dekat jarak mereka dengan motor. Saat motor mulai dikendarai, lalu lampu dengan sensor berkedip, tandanya terlalu mepet dengan kendaraan lain, dan lampu berubah jadi tanda X berwarna merah.

Sistem ini juga rupanya menggunakan sensor yang berbeda untuk mendeteksi sudut ramping, akselerasi, dan semua hal baik yang mendukung keselamatan saat bermanuver. (khi/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed