Selasa, 16 Jan 2018 13:06 WIB

Pakai Anak Kunci, Naik Suzuki GSX-R150 Tetap Bisa Ngebut

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Memenuhi permintaan konsumennya, Suzuki akhirnya memberikan anak kunci di motor sport 155cc nya, GSX-R150, agar pengendara nyaman ketika ngebut. Namun meski sudah memiliki kunci biasa seperti GSX-S150, motor tetap asyik diajak ngebut.

Dipaparkan oleh Sales & Marketing 2W Department Head SIS, Yohan Yahya, penambahan varian GSX-R150 terbaru yang memakai Shuttered Key System atau anak kunci tidak mengganggu pengendaranya ketika ngebut. Hal itu dikarenakan model kuncinya yang cukup berbeda.

"Dibandingkan dengan GSX-S, ini kunci yang digunakan di GSX-R berbeda. Cukup rendah. Jadi tidak mengganggu pengendaranya ketika ingin ngebut," ujarnya di Jakarta.

Meski pakai kunci kontak biasa, namun ada perbedaan antara anak kunci GSX-R150 shuttered key dengan anak kunci milik GSX-S150. Perbedaan paling signifikan yakni mekanisme anak kunci serta magnetic key (push on) di model shuttered key terpisah. Sedangkan anak kunci dan push on milik GSX-S150 menyambung.

"Para pengguna GSX-R khususnya kalau ngebut kepala mereka merendah sampai sini (bagian antara stop contact kunci dan tangki-Red). Nah kalau pakai yang rada tinggi kuncinya seperti di GSX-S pasti sering nyangkut ke helm. Oleh karena itu kita pisahkan antara kunci utama dengan magnetic key (push on) nya," lanjut Yahya.

Masalah harga, motor ini dibanderol Rp 28.900.000 on the road DKI Jakarta dengan 3 warna yang disediakan, lebih murah Rp 1 juta dibanding versi keyless. Warnanya yakni Brilliant White, Stronger Red/Titan Black, dan Solid Black/Gloss.

Sebelumnya, untuk menyalakan motor GSX-R150 tidak perlu memutar kunci karena motor dipasangi sistem Keyless Ignition System. Namun Suzuki melihat adanya celah permintaan pasar yang dapat dipenuhi oleh Suzuki GSX-R150 Shuttered Key System, dimana hal tersebut diamati dari kebiasaan dan suara konsumen yang masih lebih memilih menggunakan metode pengaman dengan sistem anak kunci yang lebih sederhana dan bekerja secara mekanis.

SIS memproduksi varian Shuttered Key System dengan komposisi secara khusus sebanyak 15% dari total produksi GSX-R150 setiap bulan. Dengan demikian, calon konsumen bisa
memiliki pilihan lebih banyak sebelum memutuskan pilihannya.


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed