Jumat, 15 Des 2017 19:11 WIB

Ada Pemilu, Penjualan Motor Bisa 6 Juta Unit

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Hasan Al Habshy Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Indonesia dalam 2 tahun ke depan akan memasuki tahun pesta politik, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Sepedamotor Indonesia (AISI) Sigit Kumala, berharap pemilu berlangsung aman dan tertib sehingga roda ekonomi tetap berjalan.

"Kita semua produsen berharap silakan melakukan pesta politik tapi yang penting kegiatan ekonomi tetap jalan. Karena kalau sampai kegiatan ekonomi terganggu kan yang rugi nggak hanya produsen sepeda motor tapi semua juga terganggu," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Jika pesta politik berjalan lancar, lanjut Sigit mengatakan seharusnya perputaran industri otomotif roda dua maupun roda empat berjalan dengan baik.

Untuk itu, diharapkan di 2018 pasar roda dua akan meningkat dibanding tahun ini. Namun dengan catatan tidak ada gangguan dari faktor-faktor tertentu, contohnya tahun pesta politik terebut.

"Mungkin akhir tahun ini ditutup antara 5,850 juta. Untuk tahun depan mungkin berkisar 5,950 - 6,1 juta lah ya. Harga komoditas sudah membaik kita melihatnya seperti faktor-faktor kenaikan listrik, pengurusan jasa STNK dan BPKB nggak akan naik lagi karena tahun ini sudah naik masa naik lagi, nggak akan banyak berubah sih, harapannya nggak ada aturan OJK berubah. Harapan tahun depan udah waktunya naik, tapi di luar faktor politik," tutup Sigit. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed