Jumat, 15 Des 2017 08:21 WIB

Penjualan Motor Turun, Ini Alasannya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Angka penjualan industri otomotif roda dua Indonesia mengalami penurunan di November 2017 jika dibandingkan Oktober 2017. Pada Oktober lalu, penjualan roda dua secara domestik sebesar 579.552 unit, dan turun menjadi 550.303 unit pada November 2017.

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala mengatakan penyebab menurunnya penjualan tersebut karena masa kerja yang pendek di pabrikan. Mengingat banyak hari libur jelang akhir tahun.

"Penurunannya ada yang tajam ada yang enggak kan, kalau Honda kan enggak terlalu tajam. Kalau sampai Desember mesti kita lihat karena hari kerja produksinya pendek," ujarnya di Jakarta.

Selain itu, menurut Sigit sejumlah pabrikan juga melakukan penyehatan stok motor di diler yang membuat pabrikan mengurangi distribusi ke diler-diler resmi.

"Akhir tahun, beberapa masih ada yang melakukan penyehatan kan nah melihatnya ke sana sih. Supaya stok lama itu enggak kebawa tahun depan. Stok di pasar beberapa merek ada yang stoknya tinggi dan mereka melakukan pengurangan distribusi," tuturnya.

Sigit menjelaskan, menutup akhir tahun 2017 target penjualan roda dua secara nasional dipatok sebesar 5,9 juta. Jumlah tersebut juga diperoleh setelah dilakukan revisi dua kali. Pertama, target penjualan motor domestik sebesar 6,2 juta unit.

"Target tahun depan mungkin sekitar 6,1 juta unit. Karena harga komoditas sudah membaik kita melihatnya seperti faktor-faktor kenaikan listrik, pengurusan jasa STNK dan BPKB enggak akan naik lagi karena tahun ini sudah naik masa naik lagi. Harapannya enggak banyak berubah," pungkasnya.

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.
  • Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 15:21 WIB
    Otoritas Jerman menahan bos produsen mobil mewah Audi, Rupert Stadler, dalam kasus skandal emisi mobil diesel yang dikenal dengan dieselgate
  • Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Selasa, 19 Jun 2018 13:58 WIB
    Setelah beredar foto-foto spyshotnya, Suzuki mulai merilis gambar Jimny model baru. Mobil offroad legendaris itu akan diluncurkan di Jepang bulan depan.
  • Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Selasa, 19 Jun 2018 13:02 WIB
    Mulai Rabu (20/6/2018), tarif tol JORR baik jarak jauh maupun dekat akan dikenakan tarif yang sama. Tarif tol akan naik menjadi Rp 15.000 untuk golongan I.