Rabu, 13 Des 2017 15:45 WIB

Ini yang Beda pada Honda PCX Versi Lokal dan Impor

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Honda PCX Produksi Indonesia Meluncur. Foto: Rengga Sancaya Honda PCX Produksi Indonesia Meluncur. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Honda resmi luncurkan PCX buatan Indonesia. Selama ini PT Astra Honda Motor (AHM) mendatangkan PCX secara CBU (impor utuh) dari Tahiland dan Vietnam. Lantas apa perbedaan PCX lokal dengan CBU?

Dijelaskan Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya, PCX lokal dengan yang CBU dari segi desainnya keseluruhan sama. Namun untuk PCX lokal ada fitur yang ditambahkan dan tidak ada di PCX CBU termasuk di negara Asia lainnya yang belum ada, yaitu fitur rem cakram belakangnya.



"Desain overall kan sama, kan DNA dari PCX kan elegan dan mewah, nah yang berbeda di fitur yaitu di cakram rem belakang, sedangkan di beberapa negara Asia lainnya tanpa rem cakram belakang," ujarnya kepada wartawan, di Fairmont, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Ketika ditanya apa pertimbangannya menyematkan rem cakram belakang pada PCX lokal ini, lanjut Thomas menjelaskan, tren konsumen di pasar motor Indonesia memang membutuhkan fitur tersebut.



"Kembali ke kebutuhan dan tren masyarakat di Indonesia untuk skutik besar itu masih mengidamkan adanya rem cakram belakang," tuturnya.

Selain melihat dari kebutuhan dan tren di pasar, fitur cakram belakang ini juga dikatakan Thomas tidak serta merta hanya sekadar disematkan. Namun juga punya fungsi yang berguna.



"Karena rem cakram belakang kan fungsinya untuk penyeimbang ya, memberikan keseimbangan pada saat kita melakukan pengereman," pungkasnya.


(khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed