Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 28 November 2017, 13:32 WIB

Limbah Baterai Bekas Motor Listrik Bakal Dijadikan Panel Surya

Ruly Kurniawan - detikOto
Limbah Baterai Bekas Motor Listrik Bakal Dijadikan Panel Surya Motor listrik Viar Q1. Foto: M luthfi Andika
Jakarta - Kendaraan listrik dikembangkan oleh seluruh produsen otomotif di dunia. Tak mau ketinggalan, di Indonesia pun hal tersebut sedang digencarkan, sebagai salah satu contohnya adalah skuter listrik milik PT Triangle Motorindo (TM) yakni Viar Q1. Namun kendaraan listrik masih memiliki kendala yaitu limbah baterai bekasnya.

Menanggapi hal tersebut, pihak Viar yang telah menjual sekitar 2.500 unit motor listrik dan memiliki STNK mengklaim bahwa urusan limbah baterai telah dipikirkan sehingga tidak akan memperburuk lingkungan.



"Baterai di motor Viar Q1 kan batas pemakaiannya tiga tahun. Nah untuk baterai bekas yang sudah tak terpakainya sudah kita pikirkan untuk dialokasikan menjadi solar panel. Kita sudah tawarkan ke beberapa vendor untuk terkait hal ini," ucap Marketing Communication PT Triangle Motorindo (Viar), Franky Osmond kepada wartawan di Jakarta.

"Sekarang kan pencahayaan di bahu jalan dan segala macam itu sudah pakai solar panel. Nah kita ke depannya akan buat seperti itu untuk mendaur ulang baterai bekas. Jadi, ketika baterai bekas dari konsumen ini diberikan ke kita, sudah ada alokasinya sehingga tidak memperburuk lingkungan," lanjutnya.



Kini, pihak Viar sedang berusaha untuk menggandeng PLN yang memiliki pengerjaan umum untuk lampu penerangan jalan. "Untuk sekarang ini kan kita baru mulai, dari bulan Mei. Ke depannya kita sudah berusaha untuk gandeng PLN karena mereka kan ada suatu pengerjaan umum untuk lampu penerangan jalan. Nah nanti ke depan, untuk baterai bekas ini akan kita alokasikan ke mereka untuk dijadikan sebagai solar panel penerangan jalan," papar Franky. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +