Kamis, 16 Nov 2017 08:25 WIB

Ini Dia 3 Komponen Krusial Motor Listrik

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Komponen motor listrik Gesits (Foto: Prins David Saut)
Jakarta - Seperti halnya motor biasa, motor listrik punya komponen yang sangat krusial, paling penting dari komponen lainnya.

Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) Indonesia Gunadi Sindhuwinata mengatakan baterai, mesin, dan unit kontrol jadi tiga hal yang terpenting diantara lainnya.

"Kita berbicara mengenai suplai listrik misalkan, kita berbicara mengenai gimana kendaraan ini dapat mengisi kembali energinya, kemudian kalau berbicara teknis kendaraan sendiri yang pokonya adalah baterai sebagai penggerak utama, lalu motor penggerak, kemudian unit kontrol, nah tiga hal ini yang penting," ujarnya kepada wartawan di Jakarta.

Menurutnya, selain tiga komponen tersebut tidak terlalu sulit untuk memikirkan dan mengembangkannya. "Kalau yang lain-lainnya itu di sepeda motor juga ada. tapi saya lihat banyak kelompok-kelompok ini melakukan kegiatan mencoba untuk membuat sesuatu yang dapat dimanfaatkan sebagai kendaran bermotor bertenaga listrik," tutur Gunadi.

Namun bukan berarti tidak ada yang memikirkan masalah lain yang terkait dengan kendaraan listrik. Karena masih banyak lagi yang harus dipikirkan terkait kendaraan listrik.

"Begini, banyak memang di luar pengetahuan kita banyak, ada kelompok-kelompok yang mempunyai minat, mempunyai energi, pikiran, yang mau mengembangkan kendaraan bermotor listirk, baik motor maupun juga mobil. Tentu masih banyak masalah yang harus diselesaikan, dari segi teknologinya maupun juga tunjangan kebijakan itu harus sinkron," tutu Gunadi, saat ditemui pada acara 23rd Small Engine Technology Conference (SETC). (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com