Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 31 Oktober 2017, 15:40 WIB

Berapa Biaya Pergantian Baterai Motor Listrik?

Ruly Kurniawan - detikOto
Berapa Biaya Pergantian Baterai Motor Listrik? Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Karena tidak ada mesin, motor listrik tak memiliki banyak biaya perawatan. Bagian yang perlu diganti pada kendaraan roda dua tersebut hanya pada baterainya saja. Akibatnya, motor jenis ini diklaim lebih murah.

Lantas berapa ya kira-kira biaya pergantian baterai motor listrik?

Ditemui oleh beberapa wartawan, Hari Budianto selaku Bussines Dev. Manager PT Robert Bosch yang menjadi pemasok fitur dan drivetrain pada motor listrik Viar Q1 menjelaskan bahwa pergantian mencapai Rp 5-6 juta. Pada baterai ion lithium, pergantian tersebut hanya dilakukan 4 tahun sekali.

"Pergantian baterai ion lithium itu antara Rp 5 juta sampai Rp 6 juta. Memang cukup mahal tapi ke sananya lebih murah karena cycle (daya tahan) nya cukup tinggi dibanding baterai lead acid," ungkap Hari.

"Baterai selain ion lithium itu umurnya hanya 250 cycle. Nah kalau baterai ion lithium 800 sampai 1000 cycle pengisian batas pakainya. Jadi perkiraan 4 sampai 5 tahun sedangkan baterai lead acid paling setahun," lanjutnya.

Karena hal tersebut, Hari mengklaim bahwa motor listrik yang sudah menggunakan ion lithium lebih awet dan hemat biaya maintenance. Karena, idealnya motor hanya digunakan sampai empat tahun. Setelahnya, pengguna sepeda motor di Indonesia cenderung untuk mengganti dengan model baru.

"Maintenance less ini (sepeda motor listrik yang gunakan Lithium ion seperti pada Viar Q1). Lagipula kan orang pakai motor paling empat tahun ganti. Pas kan?" ungkap Hari. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed