Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 20 Oktober 2017, 11:19 WIB

Ladies, Ini Dia Ojek Online Khusus Wanita

Ruly Kurniawan - detikOto
Ladies, Ini Dia Ojek Online Khusus Wanita OJESY, ojek online khusus wanita (Foto: Dok. OJESY)
Jakarta - Semakin padatnya jalanan di beberapa kota di Indonesia, layanan ojek online tampaknya menjadi solusi yang tepat. Tak heran penyedia jasa ojek online dan penggunanya pun menjamur.

Kini, layanan ojek online tambah banyak. Hingga yang terbaru ada Ojek Syari Indonesia yang disingkat OJESY. Menariknya, OJESY tidak seperti ojek online pada umumnya, ia memiliki pengkhususan tersendiri yakni khusus melayani penumpang wanita dan anak laki-laki maksimal kelas 3 SD.

"Sesuai dengan namanya ya, jadi driver kita semuanya wanita dengan kriteria yang sudah ditentukan. Untuk penumpangnya, kita khusus wanita dan laki-laki dengan batasan maksimal kelas 3 SD," ujar Evilita Adriani selaku pendiri OJESY saat dihubungi detikOto belum lama ini.

Evilita menuturkan bahwa layanan ojek online yang didirikan bersama pasangannya, Reza Zamir itu mendapatkan respons yang positif dari pelanggannya. Didirikan pada 10 Maret 2016 dan mendapat legalitas menjadi PT Ojek Syari Indonesia pada 8 Agustus 2015, layanan ini dipilih oleh ibu-ibu yang ingin mengantarkan anaknya sekolah.

"Banyak pengguna atau customer kita adalah ibu-ibu yang ingin mengantarkan anaknya sekolah. Apalagi kini kita sudah buka sistem baru yakni berlangganan. Jadi modelnya seperti antar-jemput gitu," katanya.

"Sistem ini kita buat dari 2016 lalu dan tetap paling banyak masih pada segmen itu (ibu-ibu yang ingin mengantarkan anaknya sekolah) dan juga para karyawan. Mungkin mereka merasa kalau ibu-ibu yang bawa jadi aman gitu ya, tidak macam-macam. Itulah yang tak ada di kompetitor kita," tambah Evilita.

Jadi, katanya lagi, para pengguna atau customer tak lagi menunggu orderan ojek online lagi. Ketika sudah berlangganan, driver akan tiba tepat waktu seperti yang ditentukan. Oleh karena itu, Evilita mengatakan bahwa pengguna OJESY sekarang 50%nya menggunakan fitur tersebut.

"Sekarang sudah sekitar 50 persenan yang pakai fitur itu," katanya.

Hingga sekarang, OJESY memiliki jaringan operasi di Jabodetabek, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Madiun, Solo, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Makassar, Purbalingga, Purwokerto, Banjarnegara, Bojonegoro, hingga Cilacap. Untuk drivernya sendiri, OJESY memiliki sekitar 600 awak.

"Untuk Jabodetabek 100-an. Soalnya masih baru juga kan. Tapi kira-kira dalam satu bulan itu orderan kita sudah mencapai 3.000-an dengan jam operasi dari pukul 5 pagi sampai 7 sore," ungkap Evilita.

"Lebih enak wanita yang membonceng anak-anak (untuk antar jemput), lebih hati-hati. Kita orang tua bisa tenang di rumah," tulis Nana, salah satu pelanggan Ojesy di kolom komentar website resmi Ojeksyari.

"Alhamdulillah dengan adanya Ojek Syari, selain aman, saya sebagai pendatang di kota Surabaya juga terbantu untuk ke mana-mana karena belum tahu rute dan jalur angkutan kota," ujar pelanggan lainnya, Yuniar. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed