Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 01 September 2017, 09:28 WIB

Masih Ada Pembeli Motor Lifestyle Seperti Cleveland Secara Kredit

Ruly Kurniawan - detikOto
Masih Ada Pembeli Motor Lifestyle Seperti Cleveland Secara Kredit Cleveland CycleWerks (Foto: Asep Syaifullah)
Jakarta - Kendaraan roda dua kini tidak hanya dibeli untuk kendaraan harian saja. Beberapa pencinta motor dewasa ini tengah mencari ataupun merakit kuda besinya itu menjadi kendaraan yang dapat merefleksikan identitas dan karakter penggunanya.

Melihat hal tersebut masuklah berbagai produsen motor lifestyle di Indonesia seperti Cleveland Cyclewerks dan Royal Enfield. Hal tersebut mendapat respons baik terlebih lagi kedua pabrikan ini sudah membuka layanan pembayaran secara kredit bersama Adira Finance.

PT Adira Dinamika Multifinance Tbk atau biasa disebut Adira Finance, pada kuartal pertama tahun ini telah mencatat pertumbuhan yang baik untuk pembiayaan otomotif. "Khusus bulan Juli kita alami kenaikan 8% dibanding tahun lalu," papar Hafid Hadeli selaku Dirut Adira Finance kepada wartawan di Jakarta, Kamis (31/08/2017) kemarin.

Pihaknya mencatat komposisi perkembangan pembiayaan pada kuartal pertama 2017 didominasi oleh pembiayaan motor baru. "Motor baru menyumbang 35% dan 21% untuk yang bekas. Sedangkan mobil baru itu posisinya di 23%, 18% mobil bekas dan 3% di elektronik," kata Hafid.

Namun pembiayaan dari motor baru untuk motor lifestyle, tambah Hafid, masih sangat sedikit. "Untuk pembiayaan motor seperti Cleveland dan Royal Enfield itu kan biasa yang beli orang yang sudah mapan sehingga transaksi kreditnya kecil," ujarnya.

Meskipun sudah miliki kerja sama pada kedua produsen motor tersebut, dirinya mencatat pembiayaan kredit yang disalurkan masih di bawah 50%. "Kebanyakan mereka yang beli pakai cash. Transaksi kreditnya di bawah 50%. Kalau motor yang biasa itu sampai 70 persenan," ucap Hafid.

Dengan perkembangan otomotif Indonesia yang sedang 'panas', dirinya yakin dapat mencapai target untuk pembiayaan kendaraan sebesar 10% dibanding tahun lalu. "Target kita 10% lebih besar dari tahun lalu yaitu 5.7 triliun," ungkap Hafid.

Dalam kesempatan yang sama, Adira Finance merayakan ulang tahunnya yang ke-27 tahun. Agar lebih dekat dengan para konsumennya, Adira Finance memperkenalkan layanan aplikasi online yang dapat memudahkan untuk melakukan pembiayaan yakni AKSES.

Di aplikasi tersebut, para pelanggannya dapat melihat detail informasi pembayaran seperti jumlah nominal angsuran yang harus dibayarkan, sisa tenor, tanggal jatuh tempo, dan lainnya.

Tak sampai di situ, Adira Finance juga menghadirkan produk pembiayaan baru bagi para pencinta motor yang ingin membawa pulang kendaraan roda dua impiannya yakni Motoplus.

"Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh Motoplus antara lain kemudahan pengajuan tanpa persyaratan apa pun, lebih cepat dengan hanya memerlukan persetujuan konsumen dan angsuran ringan yang memberikan penawaran istimewa," ungkap Swandajani Gunadi selaku Direktur SDM & Marketing Adira Finance. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +