Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 27 Juli 2017, 17:01 WIB

Heboh! Tukang Tambal Ban Patok Tarif Ganti Ban Rp 85 Ribu

M Luthfi Andika - detikOto
Heboh! Tukang Tambal Ban Patok Tarif Ganti Ban Rp 85 Ribu Ilustrasi tambal ban (Foto: Angling Aditya Purbaya/detikcom)
Jakarta - Memang banyak sekali cerita di jalanan yang buat kita geleng kepala. Mulai dari pengendara yang sembarangan, kecelakaan, jalan berlubang hingga kecelakaan. Tapi ini ada satu video yang tengah heboh di dunia maya. Yaitu harga ban dalam motor mencapai Rp 80 ribu dan si tukang tambal ban tidak terima dibilang barangnya mahal.

Dalam video yang diunggah @dramaojol ini, si tukang tambal ban yang berada di trotoar ini memaki pengendara yang kebetulan sebagai tukang ojek online.

Sekedar berbagi cerita min. Menambahkan cerita, ini ane sekitar 4 bulan lalu. Kejadian juga di tempat tsb. Ane baru bawa penumpang mau ke arah gd mitra. Motor ane bocor pas abis lewat halte jcc. Didepan kaga jauh tambal ban yg dimaksud. Gua langsung bilang, bang tambal ban belakang. Langsung tu dia bongkar, ngeliatain banyak lobang. Gua bilang Yaudah bang langsung aja di ganti baru berapaan? Gua kira juga 35 ato 40an. Eh buju buneng ternyata 85k? Merk apaan bang? Corsa? Swallow? IRC?. Dia nyaut merk tijel yang gua baru tau tu merk ga terkenal. Gue periksa karet ban kualitasnye tipis apalagi bungkusnye dari plastik. Gua nanya ini second yak? "Dia jawab kalo second harganya kaga segini coy!". Apa kaga salah? Harga ban dalem baru tapi kualitas abal2 tipis di patok harga selangit. Ya kali 85k gua narik penumpang sekali harga segitu buat ganti ban sekali doang? Langsung tu orang maki2 gua gegara kaga terima harga segitu. Gua kaga bodo la ngerti bengkel juga, ni baru orang gila yg kasi harga begini. Gua mikir ni orng kalo ngasi harga ga kira2. Langsung gw cabut, gua ga mau ada masalah disitu ngeladenin yg punya tambal ban situ. Dari pada ribut jadi perkara, kalo pun ribut kaga masalah ada anak2 ojol juga bantu. Ane minta penumpang ane langsung di argo selesai aja ya mbak, mbak gausah bayar gratis. Kasian kalo nungguin saya nambal cari bengkel juga tar. Langsung gw cabut dari situ sambil dorong2 motor ban bocor cari tambalban laen. Ketemu di belokan mau ke arah bri benhil. Disono orng bengkelnye baek mau bantu kasi harga 40k langsung ganti ban dalem kelar. Itu pengalaman pait juga min. Share aja biar orng pada tau, sekian. Lokasi bengkel : Kiri jalan setelah halte JCC arah Gatsu (Tempat yang sama dari postingan saya sebelumnya) Cc: @bryannugraha777

A post shared by Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) on Jul 23, 2017 at 9:59am PDT



Abang ojek merasa tarif ganti ban dalam terlalu mahal karena biasanya harga ban dalam hanya mencapai Rp 40 ribu. detikOto sendiri sempat ganti ban dalam diharuskan membayar Rp 50 ribu di bengkel pinggir jalan di kawasan Jalan TB Simatupang, Jaksel.

Jika dilihat dari video ini, kepedulian antar pengguna jalan rasanya sudah berkurang. Namun masih ada pelajaran lain yang bisa kita ambil, diantaranya sebelum melakukan perjalanan pastikan kendaraan kita dalam keadaan prima.

Selain itu, ada baiknya untuk membawa peralatan sendiri, seperti selalu sedia ban dalam dengan kualitas terbaik. Sehingga jika terjadi sesuatu, maka bisa langsung menggantinya tanpa perlu membeli ban bekas. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +